baja gif

material

PLAFON

Carport adalah penutup atau struktur perpanjangan / tambahan yang merupakan perluasan area pada sebuah halaman rumah. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat memarkirkan mobil. Selain itu carport, berfungsi sebagai estetika (keindahan). Carport yang di desain menyerupai pergola akan meningkatkan kualitas fasad rumah.

Pada prinsipnya, carport merupakan tempat perlindungan yang dapat memberikan naungan bagi kendaraan. Konstruksi carport yang jauh lebih murah dan sederhana di banding garasi permanen pun menjadi salah satu alasan orang memilih membuat carport. Meski begitu, konstruksi sederhana tak berarti asal-asalan atau seadanya. Bayangkan jika  konstruksinya tidak kokoh dan jatuh menimpa kendaraan.

Disamping itu, lokasi carport dan letak talang air atau cara pemasangan atap dengan kemiringan yang tepat perlu  diperhatikan untuk memperoleh carport yang fungsional serta aman. Jangan lupakan pula bahwa desain carport yang terletak di bagian depan rumah akan memengaruhi tampilan wajah bangunan. Oleh karena itu,pemilihan material serta bentuk dan struktur atap harus dirancang dengan cermat.

Carport juga sebagai penyeimbang bentuk rumah, karena dapat membentuk tampilan rumah menjadi seimbang. Bisa juga sebagai entrance (pintu masuk) ke areal rumah dan dapat pula menjadi area transisi dari ruang eksterior keruang interior.

Letak carport bisa dibuat di samping atau halaman depan rumah. Karena merupakan bagian dari rumah dan langsung terlihat dari jalan, menyebabkan desain carport harus harmoni dengan tampak depan (fasad) rumah dan tampol secantik mungkin.

Agar harmoni, pembuatan carport tidak boleh dilakukan secara asal – asalan. Sebab, hal itu bisa merusak desain rumah yang dengan susah payah telah dibangun. Banyak yang membangun carport dengan kayu – kayu asal saja. Tentu ini akan merusak pemandangan rumah. Nah, agar carport bisa mempercantik rumah, maka sebaiknya carport dibangun mengikuti desain rumah. Carport yang menawan pasti akan memberi nilai tambah tampilan rumah anda.

1. Kesan bersih dan minimalis

Carport dengan struktur atap datar dan kolom beton dapat menjadi salah satu pilihan untuk menghadirkan kesan minimalis. Untuk kesan yang berbeda, biarkanlah struktur beton terekspos apa adanya. Tak ingin penampilan carport terganggu oleh pipa-pipa dari talang air? Mudah saja, ‘’sembunyikan’’ pipa-pipa tadi dengan pemasangan didalam kolom penyangga atap. Kolom-kolom beton juga dapat dipadukan dengan atap kaca untuk menampilkan kesan yang lebih lapang.

ka4

2. Modern dengan jalusi

Jalusi (kisi-kisi) bisa menciptakan kesan dinamis pada Elemen ini dapat diaplikasikan pada atap carport atau bagian sisi carport sebagai bidang yang menghubungkan kolom-kolom penyangga atap. Pemanfaatan jalusi memungkinkan Anda menciptakan carport yang terang oleh cahaya alami. Caranya, aplikasikan jalusi sebagai rangka atap polikarbonat. Cahaya tetap bisa masuk, namun intensitasnya dapat dikurangi dengan penggunaan jalusi tersebut.

harga-kanopi-polycarbonate-1

3. Alami dengan tanaman rambat

Mengapa tidak mengatapi carport Anda dengan tanaman rambat? Pilihlah konstruksi carport yang sekaligus berfungsi sebagai struktur pergola. Kayu maupun baja dapat menjadi alternatif material. Nilai ekstetis kayu tentunya adalah kesan lebih alami, sedangkan baja umumnya unggul dari kemudahan permasangan. Padukan struktur kayu dengan kolom bata ekspos untuk kesan rustic.

q7jxlt6vjqfific

 

4. Harmoni Tak Berarti Rumit


Desain  carport yang harmoni dengan desain rumah tak harus rumit. Konsep yang sederhana bisa dibuat tanpa harus mengurangi nilai estetikanya. Kesan modern pun bisa tetap di dapat, tentu dalam bingkai yang masih sesuai dengan arsetektur rumah.
Misalnya, bila arsitektur rumah (fasad) menggunakan material alam, seperti kayu dan batu ekspose, carport  bisa menggunakan batu kali, seperti koral sikat. Sementara untuk atap dapat menggukan kanopi dari bahan logam staninless steel maupun besi, ataupun kayu sebagai kisi – kisi nya dan polycarbonate.

 

Agar terlihat lebih asri dan sejuk, anda bisa menggantungkan pot – pot tanaman atau menghiasi kisi – kisi pergola dengan tanaman rambat. Selain membuat asri, kehadiran tanam – tanaman ini dapat menumbuhkan kesan bahwa lahan taman di rumah anda yang sebenarnya tersita (untuk membuat pergola) tetap utuh alias tak berkurang.

model-atap-carport-berbahan-beton

5. Aspek Keamanan

Harmoni dengan desain rumah berarti carport tidak hanya memenuhi fungsi kebutuhan sebagai tempata parkir kendaraan. Dari sisi bentuk, carport tetap menjadi bagian dari bangunan rumah tinggal. Selain itu, carport juga bisa saling menunjang dan mendukung desain rumah, sehingga dapat menampilkan bentuk rumah secara keseluruhan.

Selain harmoni dan indah, aspek keamanan (keselamatan) juga mutlak diperhatikan. Posisi carport yang berada pada ruang terbuka memungkinkan air hujan mudah mengguyur seluruh bagian carport sehingga menyebabkan lantai menjadi licin. Dalam kondisi seperti itu, lantai carport  tidak nyaman dan bahkan berbahaya jika digunakan sebagai jalan utama akses keluar masuk rumah. Oleh karena itu, material lantai carport harus mempertimbangkan kondisi tersebut diatas, yakni aman dalam segala kondisi dan cuaca.

Material yang cocok untuk carport harus memenuhi syarat, yaitu :
Permukaan yang kasar (bertekstur). Pemukaan yang halus menyebabkan lantai mudah licin jika terkena airDaya tahan yang kuat terhadap beban berat.
Tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, sehingga tidak mudah berjamur.

desain-lantai-carport-coral-sikat-unik-401380

6. Bentuk dan Ukuran


Bentuk atap carport akan senantiasa menjadi daya tarik utama. Terdapat beragam bentuk atap carport. Ada yang seluruh konstruksinya menggunakan beton, termasuk penutup atapnya. Carport model ini biasanya mempunyai bentuk atap datar.

 

Ada juga carport yang dibiarkan terbuka. Atap hanya terdiri dari besi atau bilah – bilah papan yang dipasang dengan pola grid, sehingga terkesan melayang. Tetapi ada juga penutup atapnya menggunakan polycarbonate, fiberglass, atau tanaman.

 

Bentuk lain adalah memakai atap sistem kantilever, atau bisa juga dengan sistem atap berkabel. Sistem kantilever membuatnya terkesan melayang. Atapnya bisa terbuat dari rangka baja, besi utuh, besi holo, atau kombinasinya, sedangkan penutup atapnya bisa menggunkan bahan polycarbonate.

 

Sesuai dengan fungsi utamanya sebagai tempat parker mobil sifanya terbuka, maka dimensi carport standar (minimal),yang digunakan biasanya berukuran 2,5 m x 4 m.

 

ra

CV. JAYAWAN
TELP/FAX 021-22950276
HP/Whatsapp 0812 8703 0528
Email bangun_rumah@jayawan.com / dedentanuwijaya@gmail.com
Alamat Jl. Grand Nusa Indah   Gandoang Rt. 03 Rw 04 Kec.    Cileungsi Kab.Bogor 16820

 

 

 

 

 

 

Silahkan Di Share

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.