baja gif

material

PLAFON

Setiap manusia mempunyai tujuan hidup. Untuk mengarahkan tujuan hidup, lebih gampang jikalau seseorang memiliki keluarga. Dengan keberadaan keluarga itulah tujuan hidup diarahkan didalam satu kehidupan bareng keluarga yang dibangun didalam suatu rumah. Untuk seorang muslim, ada pengertian dan juga fungsinya rumah sesuai ajaran Rasulullah ,diantara nya yaitu sebagai berikut.

  1. Rumah Sebagai Mesjid

                                              

Ada beberapa diriwayatkan, Rasulullah menjadikan mesjid tidak hanya sebagai sarana ibadah, tetapi bisa untuk tempat membina umat, menjadi tempat untuk mengelola urusan kenegaraan, pengadilan, tempat membina dan memperkuat ukhuwah islamiya, serta aktivitas lainnya. Begitu pula rumah seyogyanya dapat difungsikan seperti masjid. Suasana rumah islami dapat dibangun dengan belajar mambaca dan mendalami Al – Qur’an, ibadah sholat sunah, dan ajang merekatkan ukhuwah serta media silahturahmi antar keluarga dan lingkungannya.

 

  1. Rumah Sebagai Sekolah

 

Sekolah merupakan tempat menuntup ilmu agama, ilmu pengetahuan, tempat mendapatkan wawasan keagamaan, serta ajaran tentang etika kehidupan. Suatu rumah yg memiliki fungsi pendidikan seyogyanya juga memiliki peran sebagai sekolah. Itu sebabnya, diperlukan ruang – ruang penunjang seperti mushola, ruang keluarga, ruang makan, ruangan baca, juga dan lain – lain. Momen – momen tersebut merupakan yg paling cocok untuk mendidiknya dan memberi pelajaran yg baik kepada keluarga melalui contoh perilaku orang tuanya. Dengan adanya kebersamaan tersebut di harapkan orangtua mudah membimbing anaknya supaya tidaklah salah dalam bergaul.

  1. Rumah Sebagai Ajang Silahturahmi


Silahturahmi antar anggota keluarga atau dengan lingkungan sekitar terlebih tetangga sangatlah dianjurkan. Sarana yang baik selain mesjid tentunya adalah rumah. Untuk memenuhi hal ini tentu diperlukan adanya ruangan tamu, ruangan keluarga, dan lain – lain.

  1. Rumah Sebagai Tempat Membina Keluarga SakinahMenurut Rasulullah, ada empat yang menjadi unsur kebahagian duniawi, yaitu perempuan sholehah, rumah yang luas,tetangga yg baik dan juga kendaraan yg enak .Jadi, rumah yang luas menjadikan bagian dari unsur kebahagian duniawi, dalam pengertian tidak berlebihan. Maka rumah semestinya digunakan untuk membina keluarga dengan bersama – sama membaca Al – Qur’an, puasa sunah,ber sholat malam, sedekah dan masalah lainnya yang bisa menambah keimanannya . Untuk memenuhi masalah itu, dibutuhkan ruang mushola, ruangan keluarga, dan lain – lain.
  2. Rumah Sebagai Sarana Manejemen HidupUntuk memenuhi kebutuhan keluarga,dianjurkan untuk mencari nafkah seolah – olah hidup seribu tahun lagi. Artinya diperlukan tempat untuk mengaturkan juga nuntuk mengelola hidup, mengatur siklus bekerja, beristirahat, dan bisa interaksi bersama buah hati. Untuk itu, diperlukan taman, kamar mandi (WC), dapur, kamar tidur, garasi mobil, dan lain – lain.
  3. Rumah Sebagai Sarana Menuju Surga

    Sebagai mana sabda Nabi Muhammad SAW, tiga golongan / kelompok yg tidak bisa masuk surga, yaitu orang yg berdurhaka pada keduaorang tuanya, orang yang menggunakan rumahnya untuk berbuat duyuutts, serta wanita yg menyerupai Pria/ laki – laki. (HR. Hakim). Jadi, dengan menjadikan rumah untuk pusat kegiatan positif tentunya akan membukan jalan ke surga.Maka darinya, rumah wajib dihindarkan dari ruang – ruang yang menuju maksiat seperti, rumah dijadikan tempat judi dan lain –lain.

Dikutip dari” Griya Kreasi

 

CV. JAYAWAN
TELP/FAX 021-22950276
HP/Whatsapp 0812 8703 0528
Email bangun_rumah@jayawan.com / dedentanuwijaya@gmail.com
Alamat Jl. Grand Nusa Indah   Gandoang Rt. 03 Rw 04 Kec.    Cileungsi Kab.Bogor 16820

 

 

Artikel Lainya

Pasang Baja Ringan

Atap Metal Berpasir

Jual Pasir

Jasa Bangun Rumah

Pemasangan Plafon & Partisi Gypsum

 

Silahkan Di Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.