baja gif

material

PLAFON

Jika wallpaper lama anda sudah mulai mengelupas,itu tandanya sudah waktunya anda harus menggantinya dengan yang baru. Sekalipun wallpaper bisa bertahan sampai kurang lebih 8 tahun , tergantung pada kualistasnya. Jika anda sudah mulai bosan dengan yang lama, tidak ada salahnya juga jika anda menggantinya agar ruangan tidak monoton.

 


Untuk memasang wallpaper, anda bisa mengerjakannya sendiri, tidak harus memanggil tukang. Jika anda belum mengetahui caranya ikuti saja langkah – langkah berikut ini.

Alat dan bahan yang digunakan :

  • Lem khusus wallpaper
  • Cutter
  • Spons
  • Roller
  • Border
  • Meteran
  • Formika
  • Wallpaper

Cara – cara adalah sebagai berikut :

  1. Kelupas wallpaper lama menggunakan bantuan cutter. Sobek sedikit ujungnya, kemudian tarik seperti biasa.
  2. Untuk mengelupas bagian bawah wallpaper yang masih tersisa, gunakan spons yang sudah dibasahi air. Usapkan spons pada seluruh permukaan sisa wallpaper sampai basah.
  3. Diamkan sebentar lalu kelupas lagi seperti pada langkah 1, jika ada bagian yang sudah dikelupas, anda bisa menggunakan bantuan kape.
  4. Langkah berikutnya adalah mengukur luas bidang yang akan dipasangi wallpaper. Ukurlah dari bagian bawah bidang (lantai) setinggi 1 m untuk memasang wallpaper bagian bawah. Sisanya untuk wallpaper bagian atas dan border.
  5. Sebaiknya pasanglah wallpaper bagian atas terlebih dulu. Potong wallpaper sesuai ukuran. Jika wallpaper yang anda gunakan bermotif simetris, sebelum memotong potongan kedua, samakan dulu motifnya dengan potongan pertama. Begitu pula untuk potongan – potongan berikutnya. Memang aka nada sisa untuk potongan kedua dan seterusnya.
  6. Selanjutnya, anda harus membuat lem wallpaper. Encerkan lem khusus wallpaper yang berbentuk serbuk dengan air. Masukan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Jika sudah terasa agak berat, berarti lem sudah siap. Buat juga sedikit lem yang kental untuk mengelem sambungan dan bagian tepi.
  7. Agar pemasang wallpaper bisa lurus, anda harus menandainya menggunakan tali kira – kira 50 cm dari tepi atau sesuai dengan lebar wallpaper. Berilah pemberat pada ujung tali, biarkanlah tali tersebut menjuntai ke bawah. Karena tali sudah diberi pemberat, maka tali pasti akan menjuntai dengan lurus. Lalu tandailah sesuai tali tadi.
  8. Oleskan lem beberapa kali pada wallpaper sampai rata. Agar lebih mudah dalam pengolesannya, anda bisa menggunakan roller cat. Jika anda kesulitan dalam mengelem akibat tempat yang tersedia sangat sempit, anda bisa melipat wallpaper tadi dengan posisi gambar tetap di atas.
  9. Oleskan lem yang kental tadi ke bagian tepi dinding dan bagian sambungan.
  10. Pasanglah wallpaper yang sudah diberi lem tadi ke dinding. Jangan lupa untuk mengikuti tanda yang sudah dibuat tadi. Lalu tekan wallpaper dengan formika atau kape agar dapat menempel dengan rapi, terutama untuk bagian sambungan. Jika ada yang menggelembung , anda bisa membuka lagi wallpaper untuk mengeluarkan udara yang ada. Jika lem sampai mengenai gambar, bisa anda bersihkan menggunakan spons.
  11. Pemasangan wallpaper bagian atas bawah harus diukur dari atas plint lantai. Jika ada kolom, untuk mempermudah pemasangan, pasanglah bagian kolom terlebih dulu.
  12. Jika seluruh dinding sudah dilapisi wallpaper, anda bisa mulai memasang border. Ukurlah border sesuai kebutuhan. Lalu pasang border mengikuti garis yang dibentuk oleh wallpaper. Jika anda memasang wallpaper tadi lurus, maka border juga pasti akan lurus.
  13. Karena lem wallpaper tidak bersenyawa dengan plastik, maka anda harus memotong bagian wallpaper yang akan tertimpa border. Potonglah menggunakan cutter dan buang hasil potongan tersebut. Lalu beri lem yang kental lagi ager border dapat terpasang dengan rapi dan
    kuat.

    Dikutip Dari ” Serial Rumah”

 

CV. JAYAWAN
TELP/FAX 021-22950276
HP/Whatsapp 0812 8703 0528
Email bangun_rumah@jayawan.com / dedentanuwijaya@gmail.com
Alamat Jl. Grand Nusa Indah   Gandoang Rt. 03 Rw 04 Kec.    Cileungsi Kab.Bogor 16820

 

Artikel Lainya

Pasang Baja Ringan

Atap Metal Berpasir

Jual Pasir

Jasa Bangun Rumah

Pemasangan Plafon & Partisi Gypsum

 

Silahkan Di Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.