baja gif

material

PLAFON

Skala pekerjaan  yang beragam dalam renovasi rumah menjadikan kebutuhan biaya renovasi beragam pula. Salah satu hal yang sering kali luput diperhitungkan sebagai biaya renovasi adalah tambahan biaya pekerjaan pembongkaran sehingga pemilik rumah sering kali merasa kaget dengan biaya yang membengkak di akhir pekerjaan.

Kejadian seperti ini menjadikan banyak pemilik rumah merasa ragu untuk melakukan renovasi. Padahal, jika diperhitungkan dengan cermat sebelumnya, kisaran biaya renovasi dapat diperkirakan dengan tepat. Tentu saja jangan lupa untuk memasukkan unsure biaya bongkar pasang dalam penyusun RAB renovasi.

Beberapa inspirasi desain renovasi berikut ini merupakan gambaran pekerjaan renovasi dalam skala kecil, sedang, dan besar. Untuk mempermudah anda yang telah memperhitungkan pekerjaan bongkar pasang.

1.Mengubah Tampak Rumah

Mereka yang tinggal di perumahan atau real estate mungkin akan merasa bosan dengan bentuk dan tampak bangunan yang hampir seluruhnya seragam. Salah satu cara mengakalinya adalah dengan mengubah tampak bangunan. Pekerjaan ini termasuk dalam renovasi skala kecil karena tidak banyak bagian yang harus dibongkar dan ditambahkan.

Beberapa cara mengubahnya adalah dengan mengganti warna cat atau material tampak bangunan. Seperti halnya rencana perubahan tampak rumah berikut ini. Sedikit mengubah tampilan di bagian depan menjadikan rumah tampil seperti baru.

Bagian yang diganti adalah material fasad pada penebalan dinding di sekitar pintu masuk. Tampilan awal berupa finishing cat berwarna krem dengan tali air berpola garis – garis horizontal memanjang. Agar tampil lebih menarik, bagian dinding dimajukan sedikit, lalu ditambahkan pelapis batu alam yang menyerupai tampilan bata merah dipadu dengan batu alam bernuasa alami. Jalusi ditambahkan di depan jendela sebagai filter terhadap sinar matahari, sekaligus dimainkan pola horizontal – vertical pada fasad.

 

percantik-dinding-dengan-batu-karang-pilang

 

 

2.Memaksimalkan Ruang Sisa

Insiprasi renovasi berikut ini merupakan renovasi skala kecil. Perubahan dilakukan untuk memaksimalkan lahan yang tersisa di bagian belakang rumah.

Renovasi ini merupakan pengembangan dari rumah tipe 27. Denah awal rumah , sesuai yang diperoleh dari pengembang , terdiri dari dua kamar tidur, satu ruang utama yang dapat difungsikan sebagai ruang tamu sekaligus ruang keluarga, kamar mandi, dan dapur di bagian belakang. Dengan kelengkapan fungsi – fungsi  ruang tersebut, tinggal menyisakan ruang selebar 1,5 meter di bagian belakang dan di samping rumah.

Keinginan pemilik rumah adalah memaksimalkan ruang – ruang sisa tersebut sehingga direncanakanlah fungsi baru dibagian belakang untuk dapur dan bagian samping rumah untuk penyimpanan motor. Semula, dapur hanya menempati teras sempit di belakang. Oleh karena itu, renovasi utumanya ditunjukan untuk memperluas dapur dan menjadikannya sebagai ruang yang terlindung dari pengaruh langsung cuaca. Sementara bagian samping diubah menjadi ruang tertutup agar motor yang disimpan lebih aman dan terlindung dari terpaan panas dan huja. Pada bagian depan gang samping ini ditambahkan pintu sebagai penutup.

Solusi desain renovasi yang ditawarkan sederhana, tidak mengubah susunan ruang maupun struktur asli bangunan sama sekali. Dengan demikian, pemilik rumah selama pekerjaan renovasi berlangsung.

Pada tahap awal pelaksanaan, dinding belakang yang tadinya membatasi ruang keluarga dengan dapur di bobol. Sebagai gantinya diletakan di dinding parapet (dinding rendah) yang diapit meja dapur di satu sisi dan meja makan sederhana di sisi lain.

Ruang sisa dibagian belakang ini tidak semuanya dihabiskan untuk dapur. Pada area ini ditambahkan fungsi baru sebagai taman kering dan ruang cuci. Untuk penutup atap,digunakan perpaduan skylight dna penutup atap yang bisa dibuka tutup. Tujuannya agar ruang – ruang di dalam rumah tetap dapat bernafas dan memperoleh cahaya alami dari matahari.

Perubahan lainnya adalah penambahan kolam dan jendela kaca besar yang menghadap kolam di sisi rumah. Meskipun kecil, Keberadaan kolam mungil ini dapat memberikan view yang menyegarkan. Kehadiran elemen air di dalam rumah juga ditunjukan untuk mendinginkan udara sehingga dapat menghadirkan suasana ruang nyaman dan sejuk bagi penghuninya.

 

model_rumah-hook-1-lantai_gambarminimalis

  3.Memperbaiki Denah Rumah

Renovasi ini merupakan renovasi skala sedang. Renovasi dilakukan untuk memperbaiki kondisi rumah yang mengalami beberapa kerusakan karena pernah terkena banjir, juga karena faktor umum bangunan.

Rencana renovasi ini sekaligus dimanfaatkan untuk mengoptimalkan ruang – ruang di dalamnya. Beberapa perubahan yang dilakukan antara lain untuk mengakomodasi kebutuhan akan tempat berkumpul yang lebih besar. Oleh karena itu, ruang keluarga diperluas dengan jalan memindahkan letak kamar tidur. Dengan begitu, kamar tidur memiliki ventelasi karena batas sebelah kanan rumah adalah taman keluarga. Sementara letak dapur dan kamar mandi tidak banyak berubah sehingga tidak dibutuhkan saluran pemipaan baru.

CV. JAYAWAN
TELP/FAX 021-22950276
HP/Whatsa 0812 8703 0528
Email bangun_rumah@jayawan.com / dedentanuwijaya@gmail.com
Alamat Jl. Grand Nusa Indah Gandoang Rt. 03 RW 04 Kec. Cileungsi Kab.Bogor 16820

 

Silahkan Di Share

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.