ARTIKEL

BAJA RINGAN

baja gif

material

PLAFON

Setiap rangka atap baik yang terbuat dari kayu maupun baja ringan terdiri atas komponen – komponen peyusun .Komponen penyusun tersebut diperlukan untuk membentuk rangka yang kuat , berumur panjang serta dapat menaungi penghuni dibawahnya dengan sempurna.

Komponen penyusun rangka berfungsi menahan beban dari bahan penutup atap . Karena itu , umunya rangka ini terdiri dari susunan balok – balok ( kayu , bambu , maupun baja.Khususnya di Indonesia , komponen atap miring yang umumnya dipakai terdiri atas kuda- kuda , gording, kasau / usuk ,reng , ring balok ,lisplank, pelapis atap, penutup atap.

Bahan Kontruksi Rangka Atap

 

Baja Ringan IMG_20151024_145745

Rangka atap yang semakin populer digunakan yaitu system rangkai atap dari baja ringan . Struktur rangka atap ini semakin banyak dipilih karena saat ini menemukan kayu kualitas prima untuk bahan untuk konstrusi rangka kayu semakin sulit.

Semakin banyak produsen yang menawarkan rangka atap ,juga bagian konstruksi bangunan yang lain dari baja ringan. Dan bukan hanya barang jadinya yang disediakan..Tersedia pula jasa pemasangan dengan garansi tertentu.

Sistem konstruksi yang praktis dan proses pemasangan yang cepat merupakan salah satu keunggulan system ini. Dibandingkan dengan konstruksi rangka dari kayu yang membutuhkan waktu pemasangan minimal 7 hari ( belum ditambah anti rayap ), pemasangan rangka baja bisa diselesaikan hanya dalam waktu 4-7 hari. Selain itu rangka atap ini bisa dirakit ditempat penjual maupun langsung di lokasi .

Jika rangka kayu disusun dari beberapa komponen, lain halnya dengan rangka baja ringan . Rangka merupakan salah satu kesatuan struktur yang tidak terpisahkan . Model rangka atapnya pun tidak dibuat sembarangan. Untuk mendapatkan bentuk dan ukuran yang paling tepat , perhitungan struktur dengan bantuan computer sangat diperlukan. Karena itu , pemasangannya pun harus dilakukan dengan teknik khusus, tidak bisa dikerjakan sembarang tukang. Pastikan ada pengawas proyek atau tukang dalam ahli bidangnya yang telah mendapatkan sertifikat pelatihan kerja khususnya untuk pemasangan rangka baja ringan.

Karena sudah terfabikasikan ,setiap batang bajanya terjamin presisinya. Kondisi ini tentu berbeda dengan rangka kayu yang masih dibuat secara manual . Sama dengan rangka kayu , rangka baja juga memerlukan kuda – kuda sebagi struktur penopang utamanya.Bedanya rangka baja tidak memerlukan gordin dan kaso . Untuk meletakan genteng , baja ringan menggunakan baja profil U sebagai reng.

Dipasaran ,secara umum rangka baja dijual antara Rp.120.000 – Rp.160.000 / m2. Besar kecilnya biaya tergantung pada ketetapan dari produsen baja ringan itu sendiri. Hal – hal lain yang juga mempengaruhi harganya antara lain desain (semakin rumit desainnya , secara otomatis bahan yang dibutuhkan pun semakin banyak) , sudut kemiringan ( semakin tinggi sudut kemiringannya , semakin banyak bahan yang dibutuhkan) , dan bahan genteng (ukuran genteng yang besar akan memperlebar jarak reng sehingga kebutuhan bahan dapat diminimalisasi). Penambahan elemen atap seperti overstek dan teritisan juga mempengaruhi kebutuhan bahan.

Jika pada rangka kayu rayap merupakan musuh utama , pada rangka baja ringan karat dan korosi lah musuh utamanya. Untuk menghindarinya , cermat- cermatlah memilih produsen . Pastikan baja ringan yang anda beli diberi garansi anti karat dan korosi .

Hal – hal yang harus menjadi perhatian saat memutuskan untuk menggunakan baja ringan.

Pastikan baja ringan yang anda gunakan berasal dari produsen ternama yang dapat memberikan jaminan kualitas.

  • Jangan lupa melakukan perhitungan struktur yang benar dengan gambar kerja mendetail
  • Pastikan juga produsen tersebut menjamin tingkat pemasangan sampai dilokasi .Karena hanya pengawas dan tukang ahli yang telah mendapat sertifikat pelatihan kerjalah yang dapat memasang system stuktur ini dengan benar.
  • Perhatikan benar garansi yang diberikan oleh produsen . Pilih yang memberikan jaminan perlindungan terhadap karat dan korosi.

 

Bahan Penutup Atap

Gentong beton wpid-sk-flat-stone-jpg2

Salah satu kini yang menjadi tren baru bahan penutup atap adalah genteng beton . Genteng ini baru ramai diperbincangkan sekitar 10 tahun belakang, saat tren minimalis dimulai . Tampilan genteng beton memang lebih simpel. JIka model genteng lain menampakan lekukan , genteng beton hadir dalam model rata yang dinamakan genteng flat ( genteng beton datar ) . Genteng ini sangt cocok diterapkan pada bangunan bergaya minimalis .

Kelebihan genteng lain dari genteng ini adalah warnanya bervariasi .Bahkan perkembangan terbaru memungkinkan genteng beton hadir dalam dua warna yang berbeda dalam satu genteng. Genteng beton memang lebih berat dibandingkan genteng keramik maupun genteng tanah liat bisa mencapai 4- 4,2 kg per keping .Selain itu genteng beton juga bukan pemantul yang baik sehingga panas matahari malah teresap panas. Namun , jika dilihat dari segi biaya, penggunaan genteng beton lebih hemat dibandingkan penggunaan genteng lain ,genteng keramik ,metal , maupun bahan polikarbonat, karena ukurannya lebih besar . Sebagi perbandingan , atap seluas 1 m2 membutuhkan 14 keping genteng keramik, sementara jika ditutup I genteng beton hanya membutuhkan 10 keping . Dengan kata lain, jika menggunakan genteng beton , kebutuhan pun bisa diminimalisasi sehingga biaya konstuksi jadi lebih rendah .

 

Genteng Metal IMG_20151005_204958

Satu lagi penemuan terbaru untuk bahan penutup atap , yaitu genteng metal . Genteng ini terbuat dari lapisan baja baja lapis ringan / zincalume steel yang merupakan perpaduan 43,5 %silikon . Bentuk lembaran yang bergelombang , genteng ini juga dikenal dengan sebutan baja gelombang .

Dari segi berat , genteng metal yang berupa lembaran ini mempunyai berat yang jauh lebih ringan dibanding genteng keramik atau beton , yaitu sekitar 1/10 nya. Artinya , berat setiap 1 m2 genteng metal hanya sekitar 2,5 -3 kg. Bandingkan dengan berat genteng beton atau keramik yang bisa mencapai 40-45 kg per 1 m2 .Dengan bobot yang begitu ringan , stuktur rangka atap pendukungnya pun dapat disederhanakan. Sebagai contoh, ukuran kuda-kuda dapat diperkecil , hal ini secara langsung dapat mempengaruhi besar kolom dan pondasi . Secara otomatis , pengecilan elemen – elemen struk ini juga memperingati beban bangunan serta menghemat biaya . Penghemat biaya lain bisa didapatkan dari penggunaan kasau , sebab genteng metal berbentuk lembaran yang bisa mencapai panjang maksimal 80 cm.

Kekurangan genteng ini adalah ukurannya yang tipis , tebal per lembar kurang 0,5 mm, sehingga relative ringkih . Jika terinjak , genteng dapat melengkung atau bahkan pecah . Selain itu seperti logam lainnya, genteng metal yang terbuat dari baja lapis ini mempunyai sifat menyerap panas . Tak heran jika ruang dibawahnya akan terasa lebih panas . ^_^

Silahkan Hubungi kami :

CV. JAYAWAN
TELP/FAX : 021-22950276
HP/Whatsapp : 0812 8703 0528
Email : bangun_rumah@jayawan.com / dedentanuwijaya@gmail.com
Alamat : Jl. Grand Nusa Indah Gandoang Rt. 03 Rw 04 Kec. Cileungsi Kab.Bogor 16820

 

Artikel Lainya

Pasang Baja Ringan

Material Baja Ringan

Atap Metal Berpasir

Jual Pasir

Jasa Bangun Rumah

Pemasangan Plafon & Partisi Gypsum

 

Silahkan Di Share

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.