baja gif

material

PLAFON

Pilih Panasnya atau Teduhnya
Material atap carport secara garis besar dapat dibagi kedalam dua kategori, trasparan dimana sinar matahari dapat masuk melalui atap dan tertutup, cahaya sinar matahari tidak dapat menerobos melalui atap. Masing – masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Material apa yang anda pilih? Menawarkan keteduhan atau menginginkan sinarnya ? Mari kita telaah lebih lanjut material apa saja yang tersedia di pasaran.

1.Polikarbonat

Bahan dasar material ini adalah polikarbonat yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan suatu lembaran yang tahan cuaca. Polikarbonat berbentuk lembaran datar dengan pilihan warna bervariatif dan dijual per rol. Polikarbonat ada dua jenis yaitu polikarbonat rata dengan rongga dan polikarbonat bergelombang tanpa rongga. Polikarbonat biasanya digunakan di garasi, kanopi atau atap tambahan. Harga polikarbonat tergantung merk dan jenis. Pemasangan polikarbonat untuk rangka kayu menggunakan paku, sedangkan untuk rangka baja menggunakan mur baut.

 

2.Vinil
material ini bahan dasarnya adalah vinil. Memiliki tingkat kecerahan yang lebih baik ketimbang fiberglass. Bobotnya ringan dan pemasangannya relatif mudah. Ada beberapa warna yang ditawarkan. Dari sisi kekuatan dan kemampuan meredam panas, material ini kualitasnya sedikit dibawah polikarbonat, namun kalau anda hanya menggunakan carport sebagai ruang parker sementara.

 

3.Fiberglass
Material ini harga paling ekonomis dibandingkan polikarbonat atau vinil. Sekitar 40 – 50 ribu rupiah per lembar. Modelnya ada yang bergelombang adapula yang datar. Kemampuannya menahan panas dan sinar UV. Tidak terdapat pilihan warna dan sisi kekuatan tidak sebaik polikarbonat atau vinil.

 

4.Kaca
Kaca bisa dimanfaatkan sebagai bahan penutup atap. Untuk bahan yang satu ini, anda perlu memperhatikan jenis kaca, ketebalan dan konstuksinya. Kaca pun ada beragam ada yang bisa menolak panas dan menolak radiasi UV, ada pula yang sudah dilapisi film untuk membuat ruangan dibawahnya lebih adem. Pemasangan atap carport berbahan kaca menuntut kreativitas. Biayanya sangat bervariasi tergantung konstruksi dan jenis kaca yang dipilih.

5.Shade Sail
Kalau anda ingin mencoba sesuatu yang berbeda bisa jadi shade sail jawabannya. Kanopi ini terbuat dari bahan nylon polyetlene. Penutup atap alternatif ini berpori mirip seperti paranet. Hanya saja pori – pori pada shade sail sangat rapat. Di Indonesia tersedia 3 jenis shade sail,70,90,99. Istilah ini mengacu kepada seberapa banyak persentase lubangnya. Misalnya tipe 90 %, maka lubangnya hanya 10 %. Shade sail ini sudah diberi perlakuan anti UV. Keunggulan utamanya adalah menolak panas, tetapi shade sail tidak mampu menahan hujan.

Bobotnya yang ringan tidak membutuhkan struktur yang rumit. Bentuk dan komposisinya amat tergantung pada desain carport. Demikian pula ukurannya, dapat disesuaikan dengan dimensi carport. Yang jelas shade sail membutuhkan tempat bertumpu. Bisa berupa tembok (kaitan dibor ke tembok) atau tiang yang di pasangkan ke tanah dan diberi cor – coran agar kuat. Pemasangannya dibuat dengan kemiringan tertentu agar air dan kotoran cepat limpas.

Ada 6 warna yang dapat dipilih yaitu biru tua, biru muda, orange, hijau tua, hijau muda dan krem. Harga ini belum termasuk tiang untuk struktur dan kaitan – kaitan.

Tertutup
1. Genteng
Genteng adalah material penutup atap yang sangat luas ragamnya. Anda dapat menyesuaikan pilihan genteng dengan model rumah anda. Ada beberapa pilihan yaitu genteng beton, keramik, tanah liat, aspal, metal. Beberapa rumah model etnik mengusung genteng kodok yang kembali popular, sementara rumah – rumah modern cenderung mengaplikasikan genteng datar. Memakai genteng membuat ruang dibawahnya sejuk. Bila anda menginginkan cahaya matahari tetap masuk, bisa dipadukan dengan genteng kaca, atau mengatur bukaan pada desain carport anda.
apapun jenis genteng yang anda pilih untuk carport, sebaiknya tidak bertabrakan dengan genteng rumah anda. Carport dirumah – rumah masa kini memang lebih banyak memakai atap transparan, tapi kalau carport anda sekaligus berfungsi sebagai garasi, penutup atap dari genteng menawarkan keteduhan dan kenyamanan dari sengatan matahari dna siraman hujan.

2. Dak
Ada beberapa pilihan model untuk atap dengan dak, bisa berupa dak konvensional, dak keramik beton, dak pelat baja. Tiga yang terakhir merupakan alternatif dari dak konvensional. Dak keramik beton maupun pelat bja bergelombang dapat diekspos sisi bawahnya sehingga tidak memerlukan finishing. Khusus untuk pelat baja bergelombang bisa langsung di cat sesuai dengan warna rumah anda.

Secara struktur dak yang hanya diperuntukkan untuk carport lebih tipis cor – corannya, sekitar 8 cm. ukuran ini mampu menanggung beban air dan beban 1 – 2 orang, atau bisa dimanfaatkan untuk jemuran. Penting dari atap model dak adalah kemiringan dak dan aplikasi waterproofing untuk mencegah air meresap ke celah – celah beton dna menetesi mobil dibawahnya.

3. Atap Metal Lapis Baja Ringan
Material atap ini disebut lysaght klip – lock, berupa lembaran metal yang memanjang dan memiliki tekukan di kedua sisinya. Sekilas tampilannya seperti produk untuk rangka atap baja ringan. Memang bahannya kurang lebih serupa yaitu baja berlapis zincalume steel untuk tampilan warna dasar metal atau clean colorbond steel untuk tampilan warna. Meskipun ringan, bahan ini cukup kuat dan tidak mudah berkarat. Keunikan lain dari bahan ini adalah ukurannya dapat disesuaikan dengan ukuran carport.

Proses pemasangan relatif cepat karena sebagian material sudah dibuat di pabrik. Kelebihan material adalah pemasangannya tidak menggunakan baut, tapi dengan sistem pengait (fixing clip), yang memungkinkan jarak gording lebih panjang. Selain itu karena tidak memakai baut maka tidak perlu melubangi atap dan terhindar dari resiko kebocoran. Karena sifatnya yang ringan, rangka untuk lysaght klip – lok bisa memakai rangka baja, rangka baja ringan, rangka kayu. Dalam pemasangannya jarak gording yang aman adalah 1,4 sampai 1,6m.

 

Buka Tutup
Jenis buka tutup ini mengakomodir kebutuhan pemilik rumah yang menginginkan carport tampil ringan, dapat dibuka tutup sesuai kebutuhan. Material utamanya terbuat dari aluminium yang sudah diproses (diberi powder coating) sehingga tahan terhadap karat. Kelebihan model ini dibandingkan penutup atap carport lainnya adalah model ini dapat dibuka tutup.
Bila anda ingin ruang di bawahnya mendapatkan cahaya matahari, anda bisa membukanya sesuai sudut yang diinginkan. Kanopi ini dapat dibuka maksimal hingga 90o. Sebaiknya bila hari hujan dan anda tidak ingin mobil anda basah. Anda tinggal memutar tuasnya dan atap pun tertutup. Ada dua model control, manual (dengan tuas) dan elektronik (dengan remote).
Atap buka tutup ini tersedia dalam beberapa pilihan warna (krem, hijau dan abu – abu). Karena merupakan satu modul, ketika melakukan pemesanan anda sudah mendapatkan penutup atap berikut rangkanya. Cara pemasangannya adalah tiang struktur vertical, diikuti struktur horizontal,lalu yang terakhir pemasangan sirip – sirip. Untuk carport berukuran kecil (3×5) bisa memakan waktu 1 -2 hari.

 

Tip
Teduh dengan tanaman Rambat
Apakah carport anda nampak membosankan ? mungkin anda bisa menambahkan sedikit kesegaran melalui pemakaian tanaman rambat. Tanaman rambat bisa menjadi penghias di muka carport, tetapi juga untuk menutupi atap carport adalah alamanda, thunbergia, mandevilla, nona makan sirih.

 

CV. JAYAWAN
TELP/FAX 021-22950276
HP/Whatsapp 0812 8703 0528
Email bangun_rumah@jayawan.com / dedentanuwijaya@gmail.com
Alamat Jl. Grand Nusa Indah   Gandoang Rt. 03 Rw 04 Kec.    Cileungsi Kab.Bogor 16820

 

 

Silahkan Di Share

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.