baja gif

material

PLAFON

Untuk memasang kaca, daun jendela, atau daun pintu perlu dibuatkan bingkai yang cukup kokoh yang biasa disebut kusen. Bahan yang dapat digunakan sebagai kusen antara lain kayu, aluminium, fiber, atau plastik, dan besi.
1. Kusen Kayu
Kusen kayu dipasang bersamaan dengan pemasangan dinding bata atau batako. Satu kusen kayu adalah m3, tetapi jika membeli kusen pada perusahaan biasanya dihitung per lubang kusen. Misalnya sebuah kusen terdiri dari satu pintu dan dua jendela maka satuan kusen dihitung tiga lubang.
Perhitungan volume untuk m3 kusen adalah sebagai berikut.
1. Kayu =1,2 m3
2. Paku = 2,5 kg
3. Lem Kayu =1 kg
Kayu yang digunakan untuk kusen biasanya berukuran 6/15 untuk dinding bata merah dan 6/12 untuk dinding batako. Perbedaan ukuran kayu ini dikarenakan perbedaan ukuran antara bata merah dan batako sebagai bahan penyusun dinding. Bata merah memiliki lebar 10 cm, sedangkan batako memiliki lebar 8 – 9 cm sehingga bila diplester ketebalan dinding sama dengan lebar kusen.
Model kusen kayu bisa memakai jalusi atau tidak (gundulan). Apabila kita menggunakan kusen gundulan biasanya di atasa kusen dipasang rooster untuk sirkulasi udara.

 


2. Kusen Aluminium
Kusen aluminium dipasang setelah dinding selesai dikerjakan. Jika pemasangan kusen alumunium dilakukan bersamaan dengan pemasangan dinding akan kotor sehingga dapat merusak lapisan aluminium. Oleh karena alumunium tidak terlalu kuat, pemasangannya menggunakan sekrup dan fiser.
Untuk menghitung kebutuhan kusen alumunium biasanya cukup dengan mengukur panjang kusen dikalikan dengan harga satuan aluminium. Panjang aluminium di pasaran adalah 6 m.

 


3. Kusen Fiber atau Plastik
Kusen plastik biasanya dibuat di pabrik atau workshop sehingga harga atau analisis per unitnya disesuaikan dengan bentuk dan ukuran kusen. Kusen fiber banyak digunakan pada kamar mandi (WC) dan ruangan lainnya yang basah. Cara pemasangan kusen fiber sama dengan pemasangan kusen aluminium.

 


D. Kusen Besi
Kusen besi biasanya digunakan untuk pintu pabrik, bengkel, dan lain – lain. Perhitungan kebutuhan besi dihitung berdasarkan masing – masing jenis besi, kemudian digabungkan dengan kebutuhan besi menjadi satu unit pintu besi.

 

CV. JAYAWAN
TELP/FAX 021-22950276
HP/Whatsapp 0812 8703 0528
Email bangun_rumah@jayawan.com / dedentanuwijaya@gmail.com
Alamat Jl. Grand Nusa Indah   Gandoang Rt. 03 Rw 04 Kec.    Cileungsi Kab.Bogor 16820

 

Silahkan Di Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.