ARTIKEL

BAJA RINGAN

baja gif

material

PLAFON

Plafond atau langit – langit adalah suatu bidang atau lapisan yang membatasi tinggi suatu ruangan. Plafond berfungsi sebagai keamanan, kenyamanan, serta keindahan ruangan. Tinggi plafond diukur mulai dari permukaan lantai sampai dengan sisi bawah bidang plafond tersebut. Tinggi rendahnya plafond sangat menentukan kenyamanan dan keindahan suatu ruangan. Untuk rumah tinggal sebaiknya digunakan ukuran sedang, yaitu antara 3 – 5 m. Dengan ketinggian demikian sirkulasi udara akan cukup dan keindahan ruangan akan terlihat baik. Batas terendah pasangan plafond adalah 2,8 m dari lantai. Jika pemasangan plafond terlalu rendah maka ruangan akan terasa pengap dna sesak serta sirkulasi udara kurang baik. Sebaliknya, jika plafond dipasang terlalu tinggi kurang enak dipandang, tetapi sirkulasi udara akan lancar dan ruangan terasa dingin.
Fungsi plafond secara umum sudah dijelaskan, tetapi secara spesifik adalah sebagai berikut.
a) Sebagai batas tingginya suatu ruangan sehingga ruangan tidak kelihatan melompong.
b) Menahan berbagai kotoran berukuran kecil yang jatuh dari celah – celah genteng.
c) Menahan percikan air hujan yang jatuh melalui celah genteng.
d) Sebagai isolator atau pengatur rasa panas dan dingin yang berasal dari atap.
e) Sebagai penutup rangka atap agar ruangn terlihat rapi dan bersih.
f) Sebagai peredam suara, baik yang ditimbulkan oleh air hujan atau suara lainnya.
g) Sebagai tempat menggantungkan komponen penerangan atau komponen lainnya.
Saat ini cukup banyak ragam bahan plafond, yaitu triplek, GRC board, gypsum, kayu, anyaman bambu, asbes, dan lain – lain.
A. Triplek
Ukuran triplek yang tersedia di pasaran untuk plafond adalah 122 cm x 244 cm. Dengan ketebalan 3 mm, 4 mm, dan 6 mm. Untuk memasang triplek dapat dibelah menjadi empat bagian menjadi ukuran 61 cm x 122 cm atau dipasang utuh lembaran. Rangka plafond menggunakan kaso 4/6 atau 5/7 dengan ukuran rangka kayu 60 cm x 60 cm.
Kebutuhan untuk memasang 1 m2 plafond triplek adalah sebagai berikut.
1. Triplek = 0,347 lembar
2. Kaso 5/7 atau 4/6 panjang 4 m =1,5 batang
3. Paku =0,220 kg

 

 


B. GRC
Ukuran GRC board di pasaran adalah 60 cm x 120 cm xdan 122 cm x 244 cm dengan ketebalan standar,yaitu 4mm. Rangka plafond yang digunakan bisa menggunakan kaso 4/6 atau kaso 5/7 atau dapat juga besi kotak (hollow) ukuran 4 cm x 4cm. Besi hollow merupakan alternative yang dapat digunakan sehubungan dengan makin mahalnya harga kayu saat ini. Ukuran rangka kayu dan kebutuhan bahan per m2 plafond GRC sama dengan plafond triplek. Jika menggunakan besi hollow sebagai rangka plafond cara pemasangannya menggunakan sekrup.
Kelebihan dari plafond GRC board adalah harga relatif murah dibandingkan triplek dan tahan air.

 


C. Gipsum
Ukuran gypsum di pasaran adalah 122 cm x 244 cm. Pada prinsipnya kebutuhan bahan untuk pemasangan plafond gypsum sama dengan plafond GRC atau triplek. Akan tetapi, bahan gypsum sama dengan GRC board sehingga pemasangan plafond gypsum tidak tahan terhadap air seperti GRC board sehingga pemasangan plafond gypsum dilakukan jika ada jaminan tidak terjadi kebocoran atap. Pemasangan gypsum umumnya dilakukan pada rumah yang penutup atapnya adalah pelat beton.

 


D. Asbes atau Enternit
Ukuran asbes di pasaran adalah 1 m x 1 m dan 0,5 x 1 m. Kebutuhan bahan per m2 sama dengan plafond triplek. Kelemahan dari plafond ini adalah bahannya sangat rapuh sehingga pemasangannya dilakukan secara berhati – hati. Asbes atu enternit harganya terjangkau atau murah, tetapi menimbulkan debu.
Untuk sudut pertemuan antara dinding dengan plafond biasanya diberi lisplafond. Bahan yang digunakan sebagai lisplafond antara lain gypsum,kayu, dan triplek dengan satuan meter.

 

 

 

CV. JAYAWAN
TELP/FAX 021-22950276
HP/Whatsapp 0812 8703 0528
Email bangun_rumah@jayawan.com / dedentanuwijaya@gmail.com
Alamat Jl. Grand Nusa Indah   Gandoang Rt. 03 Rw 04 Kec.    Cileungsi Kab.Bogor 16820

 

 

Silahkan Di Share

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.