ARTIKEL

BAJA RINGAN

baja gif

material

PLAFON

Memilih pagar besi sebagai pengaman rumah memang merupakan pilihan yang tepat. Selain murah, pagar besi terkenal sebagai jenis pagar yang kuat dan tahan lama. Berbagai jenis besi dapat digunakan sebagai pagar. Akan tetapi, agar tidak salah pilih, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu berbagai jenis besi untuk pagar. Selain jenis besinya, cat juga ikut menentukan penampilan dari suatu pagar. Tidak semua cat dapat diaplikasikan pada besi. Oleh karena itu, gunakan cat sesuai dengan jenis besi yang akan digunakan sebagai bahan pagar.

A.Mengenal Ragam Besi

Berbagai jenis besi yang dapat dimanfaatkan menjadi pagar meliputi besi polos, hollow, galvanis, strip, siku, besi ulir, besi tempa, stainless steel, dan berbagai variasi lainnya. Masing – masing jenis besi mempunyai kelebihan dan kekurangan sehingga diperlukan kecermatan dalam memilih bahan yang sesuai dengan model yang diinginkan. Selain itu , beragam jenis besi juga memiliki fungsi yang berbeda – beda sehingga terkadang diperlukan kecermatan dalam memilihnya.

B. Mengenal Ragam Cat

Cat besi yang ada dipasaran terdapat lima jenis, yaitu cat alkyd sintetik , cat aluminium, cat epoxy, cat duco dan cat efek.

Pagar besi 1Pagar Besi 2Pagar besi 3

  1. Cat Alkyd Sintetik

Cat jenis ini kering udara dan mengndung pigmen titanium dioksida serta merupakan jenis cat yang mudah pengaplikasiannya. Di pasaran sangat mudah mendapatkan cat jenis ini. Harganya yang terjangkau dan ketahanannya yang membuat cat ini lebih sering digunakan untuk mengecat besi. Cat sintetik memiliki beragam gradiasi warna gelap hingga warna terang.

  1. Cat Aluminium

Jika dilihat dari namanya, bukan berarti cat aluminium hanya digunakan untuk pagar yang berbahan dasar aluminium. Akan tetapi , cat ini digunakan bagi Anda yang menginginkan warna keperak – perakan atau seperti pada stainless steel. Cat jenis ini hanya tersedia dalam satu warna.

  1. Cat epoxy

Cat jenis ini sebernarnya memiliki kekuatan melindungi yang lebih baik di bandingkan dengan cat sintetik. Ini disebabkan oleh minyak sebagai bahan dasarnya diolah secara kimiawi sehingga stabil, misalnya jika terkena panas tidak menguap. Oleh karena proses pembuatannya tidak rumit dan kualitasnya lebih bagus dari cat sintetik maka harganya pun lebih mahal.

  1. Cat Duco
    Cat jenis duco sering digunakan untuk mengecat mobil atau motor. Oleh karena sifatnya yang amat halus, aplikasi cat duco ini menggunakan alat penyemprot bertekanan tinggi. Selain itu, penggunaan cat ini agak boros karena pelapisannya harus dilakukan berkali – kali. Menggunakan cat ini memerlukan biaya yang tidak sedikit.
  2. Cat Efek

Penggunaan cat efek saat ini sedang menjadi trend di kalangan masyarakat perkotaan. Cat jenis ini mampu memberikan tampilan yang berbeda. Hasil pengaplikasian dari cat ini menghasilkan berbagai efek seperti tekstur granit, kesan antik, retak – retak, bahkan besi timpa.

C. Perawatan Pagar Besi

Sebagai bagian dari eksterior rumah yang selalu merasakan teriknya matahari dan siraman hujan, pagar lambat laun akan mengalami perubahan fisik . Akibatnya, pagar tidak enak dipandang. Kusam, bulukan, dan keropos merupakan penyakit yang sering menjangkit pagar berbahan dasar besi ini. Agar terlihat lebih cantik, pagar pun perlu dirawat secara teratur.

  • Pagar bulukan dan kusam, lakukan pengecetan ulang
    Pagar besi yang terlihat kusam dan bulukan dapat diatasi dengan cara mengecat kembali secara berkala 1- 2 tahun sekali atau lebih cepat pada kondisi tertentu. Jenis bahan dan kualitas besi juga berpengaruh terhadap umur keawetan dan cara perawatan. Stainless stel termasuk yang paling mudah perawatannya, Karena lebih tahan karat. Hanya pada sambungan atau bekas las saja yang umumnya mudah terjadi karat
    Pengecetan kembali dapat dilakukan setelah besi dalam kondisi bersih dari debu dan bebas dari karat. Pengelasan kembali tanpa pembersihan yang sempurna tidak akan mampu bertahan lama. Lakukan kembali pengecatan dasar dengan meni besi. Setelah meni besi kering , baru pagar di cat dengan cat besi yang diulang – ulang kurang lebih tiga kali. Agar hasil yang didapat memuaskan.
  • Pagar Berkarat, lakukan pengamplasan

Jika pagar berkarat, sesegera mungkin dilakukan perawatan, yaitu dengan mengamplas karat yang ada, didempul, dilapisi meni, dan dicat kembali dengan sisa cat yang telah disimpan. Karat yang dibiarkan akan semakin meluas dan menghancurkan besi. Penggelasan yang kurang baik dengan meninggalkan banyak pori – pori merupakan salah satu penyebab terjadinya karat.

Silahkan Berkunjung

Artikel Lainya

Pasang Baja Ringan

Material Baja Ringan

Atap Metal Berpasir

Jual Pasir

Jasa Bangun Rumah

Pemasangan Plafon & Partisi Gypsum

CV. JAYAWAN
TELP/FAX : 021-22950276
HP/Whatsapp : 0812 8703 0528
Email : bangun_rumah@jayawan.com / dedentanuwijaya@gmail.com
Alamat : Jl. Grand Nusa Indah Gandoang Rt. 03 Rw 04 Kec. Cileungsi  Kab.Bogor 16820
Silahkan Di Share

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.