baja gif

material

PLAFON
  1. Komposisi Setengah Lingkaran yang Anggun

Pintu utama, selain tampil menarik, juga harus terkesan ramah. Untuk memberi kesan ramah, daun pintu dilapisi kaca. Namun dari segi keamanan, hal tersebut berisiko tinggi. Sebagai solusi, daun pintu kaca dilapisi teralis.

Kesan anggun dimunculkan pada desain teralis kali ini, tetapi dalam nuansa santai. Bentuk setengah lingkaran diangkat dan dieksplorasi sebagai bentuk yang dapat mewakili dua karakter tersebut. Teralis disusun bertumpuk sehingga meminimalisir pandangan langsung dari ruang publik / luar ke dalam rumah.

         Tips

  • Gunakan bahan dasar teralis dari pelat besi pipih atau besi berprofil lingkaran dengan jari – jari kecil sehingga dihasilkan bentuk lingkaran yang halus.
  • Selain konstruksi teralis yang dibuat menempel pada frame pintu, dapat juga digunakan konstruksi lepasan. Teralis memiliki frame dan engsel yang terpisah dari pintu.

  1. Kreasi Garis – Garis Bersudut

Ruang minimalis biasanya didominasi oleh garis tegas, terutama pertemuan garis 90o dan finishing yang bersih serta rapi. Menghadirkan kembali permainan garis pada desain teralis di rumah berkonsep minimalis bisa jadi terlihat monoton bila tidak kreatif menggunakannya.

Agar tidak terlihat monoton, garis tersebut dapat dikompsisikan tegak lurus kemudian dipadukan dengan garis diagonal. Padukan kedua garis tersebut diperoleh komposisi teralis yang rapat sehingga dapat menambah tingkat privasi dan keamanan penghuni rumah.

         Tips

Gunakan pelat besi pipih. Perbedaan sisi tipis dan lebarnya memberikan variasi istimewa pada desain teralis.

 

  1. Deretan Lingkaran Berpusat

Susunan lingkaran besar yang simetris dengan lingkaran berukuran lebih kecil sebagai pusatnya menjadi konsep bentuk dari teralis kali ini. Bentuk lingkaran kembali dieksplorasi untukk melunakkan kesan monoton dari permainan garis di rumah bergaya minimalis. Selain itu, desainnya yang memusat menjadikan pintu utama ini sebagai eye catching dari seluruh tampilan rumah.

         Tips

Agar desain teralis terlihat lebih elegan, gunakan pelapis pada panel kaca pintu atau ganti dengan kaca sandblast sehingga dihasilkan tingkat privasi yang lebih baik.

 

  1. Padu Padan Elips yang Cantik

Desain teralis pintu pembatas antar ruang memengaruhi dekorasi di dalam rumah. Untuk itu, teralis sebaiknya dirancang sama dengan keseluruhan penataan rumah. Selain gaya, hal lain yang harus diperhatikan adalah letak pintu dan karakter antar ruang. Kedua hal tersebut menjadi panduan dalam mendesain teralis.

Pintu yang membatasi ruang tamu dna ruang keluarga ini dihadirkan agar privasi keduanya tidak bercampur. Dengan begitu, kegiatan di kedua ruang ini tidak saling menggangu. Oleh karena itu, teralis dirancang dari jalinan elips dan lingkaran yang disusun rapat.

         Tips

Gunakan plat besi pipih untuk desain teralis bermotif rapat sehingga tidak terkesan massif.

 

  1. Pola Lingkaran Atraktif

Pintu berikut ini membatasi ruang tamu dengan ruang kerja. Panel pintu merupakan kombinasi antara kayu dan kaca sandblast. Tampilan pintu sebagai bagian dari interior harus dirancang atraktif. Untuk itu, diaplikasikan teralis yang berfungsi sebagai estetika.

Bermodalkan permainan bentuk geometris lingkaran yang disusun berselang – seling, didapat desain teralis yang simpel, tetapi atraktif.

           Tips

Buat konstruksi teralis secara terpisah sehingga dapat memperingan struktur daun pintu.

 

  1. Garis Bersilang nan Dinamis

Permainan garis pun dapat tampil cantik dan dinamis. Sebagai teralis pintu pembatas ruang tamu dan ruang keluarga, teralis harus tampil menarik. Untuk itu, dipilihlah pola grid garis horizontal dan vertikal. Setiap pertemuannya diberi aksen berupa bidang – bidang pelat besi.

         Tips

Untuk pintu geser sebaiknya digunakan desain yang menggunakan bahan besi agar tetap ringan dan tidak merusak konstruksi pintu.

 

  1. Deretan Garis Asimetris

Pintu belakang menjadi salah satu elemen penting yang harus diperhatikan dan disesuaikan dengan desain rumah keseluruhan. Namun, letaknya yang berada di belakang rumah membuat pintu ini tidak menjadi perhatian terutama dari segi desain.

Salah satu cara agar pintu belakang tampil menarik, dihadirkan desain teralis yang terkesan fun lewat permainan garis – garis horizontal. Desain teralis kali ini diaplikasikan pada sebuah pintu daengan tiga panel kaca pada sisi horizontalnya. Pendekatan desainnya adalah dengan menganggap bidang – bidang kaca tersebut sebagai area yang akan didekorasi oleh teralis.

Memanfaatkan kesamaan ukuran, dibuat satu buah modul teralis yang dapat diaplikasikan pada ketiga panel kaca tersebut. Dengan bereksperimen menggunakan sisi tipis dan lebar dari pelat besi dan kombinasi jarak peletakannya, didapat desain simpel berkesan simpel berkesan fun seperti pada contoh gambar di samping.

         Tips

  • Modul – modul teralis tersebut dapat disatukan ke dalam satu konsruksi, tetapi dapat dibuat terpisah. Namun, untuk menjamin kekuatan konstruksi dan lebih efektif dalam pengerjaan.
  • Manfaatkan besi berprofil kotak sebagai frame modul teralis.

 

  1. Jalinan Lingkaran Atraktif

Desain teralis pada pintu kali ini menghadirkan suasana fun dan santai. Fun dihadirkan dengan mengomposisikan berbagai bentuk lingkaran sehingga terkesan dinamis. Ditambah lingkaran – lingkaran kecil, dihasilkan komposisi yang lebih menarik. Meski terlihat dinamis, kesan minimalis tetap dipertahankan dengan memilih ukuran besi yang tipis.

         Tips

Beri jarak antara frame teralis dengan pola utama teralis. Hal ini dimaksudkan agar tidak mengganggu proses membuka, menutup dan mengunci pintu.

 

  1. Kreasi Teralis dengan Sentuhan Retro

Rumah bergaya minimalis dapat tampil unik jika diberi sentuhan gaya lainnya sebagai aksen. Gaya retro terkenal dengan bentuk kotaknya yang tidak bersudut. Kontras dengan gaya minimalis. Untuk itu, agar tampilan rumah minimalis terlihat unik dan tidak monoton maka teralis dirancang dengan sedikit sentuhan retro.

         Tips

Gunakanlah besi berprofil pipih sehingga bentuk kotak berpinggul atau tanpa sudut ini bisa terbentuk dengan baik dan halus.

 

( Dikutip dari ” Griya Kreasi’ )

 

CV. JAYAWAN
TELP/FAX 021-22950276
HP/Whatsapp 0812 8703 0528
Email bangun_rumah@jayawan.com / dedentanuwijaya@gmail.com
Alamat Jl. Grand Nusa Indah   Gandoang Rt. 03 Rw 04 Kec.    Cileungsi Kab.Bogor 16820

 

Artikel Lainya

Pasang Baja Ringan

Atap Metal Berpasir

Jual Pasir

Jasa Bangun Rumah

Pemasangan Plafon & Partisi Gypsum

 

 

Silahkan Di Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.