baja gif

material

PLAFON

  1. Garis – Garis yang Apik

Desain teralis disesuaikan dengan gaya rumah minimalis yang juga simpel. Teralis didominasi garis horizontal yang disusun selang – seling. Penempatan garis yang horizontal membuat ruang keluarga lebih terlihat luas.

Ruang keluarga memiliki akses ke area taman belakang. Dengan begitu, akses visualisasi dapat dinikmati optimal dari ruang keluarga. Untuk itu, teralis dirancang terpisah dari konstruksi pintu sehingga mudah untuk digeser dan keluarga pun dapat menikmati indahnya taman belakang.

         Tips

Gunakan besi berprofil pipih atau bulat untuk membuat teralis dengan desain permainan garis.

 

  1. Frame Up
    Desain teralis kali ini dirangkai dari bentuk persegi panjang dan garis horizontal. Dengan desain seperti ini, dihasilkan visualisasi yang lebih luas dan kesan ruang yan lebar. Bentuk persegi panjang berbahan dasar besi ini disusun berselang – seling sehingga memudahkan ketika akan menggeser jendela.

         Tips

  • Sebagai alternatif bentuk, gunakan besi berprofil bulat maupun kotak.
  • Sebagai aksen, balikkan sisi panjang profil besi kotak tegak lurus dengan bidang pandang sehingga dihasilkan komposisi yang lebih menarik.
  • Sesuaikan ukuran persegi panjang dengan bidang jendela sehingga tidak terlihat penuh dan jarang. Selain itu, dihasilkan konstruksi teralis yang stabil.

  1. Elegan yang Menjulang

Tralis kali ini dibuat sebagai pelengkap estetika dan pengaman untuk jendela vertikal dengan lembar yang sempit. Jendela pada ruang keluarga ini berfungsi sebagai penerus udara dan visual. Mengingat arah geser jendela adalah vertikal, komposisi teralis harus memungkinkan pergeseran tersebut sehingga permainan garis horizontal diminimalisir.

Teralis didesain simpel dan menjulang tampilan interior yang berkesan santai, tetapi elegan dengan warna – warna monokromatisnya. Dengan memanfaatkan bentuk bulat dihasilkan paduan teralis yang elegan minimalis.

         Tips

Aplikasikan desain teralis yang sama pada jendela yang simetris sehingga dihasilkan komposisi ruang yang seimbang.

 

  1. Bulat – Bulat nan Menawan

Hunian bergaya minimalis biasanya memaksimalkan permainan garis dan bentuk geometris. Lingkaran sebagai salah satu bentuk geometris dieksplorasi kembali pada desain teralis jendela berengsel. Bentuk lingkaran pada teralis mampu melunakan tegasnya permainan garis horizontal dan vertikal pada hunian bergaya minimalis.

         Tips

  • Komposisi desain ini dapat diaplikasikan pada bentuk jendela serupa dengan ukuran yang berbeda. Penyesuaian dapat dilakukan dengan mengubah ukuran jari – jari dari lingkaran. Kemungkinan lain adalah dengan mengurangi jumlah lingkaran pada tiap modul sesuai dengan ukuran jendela sehingga bentuk lingkaran yang terdapat pada desain teralis rumah lebih variatif, tetapi tetap selaras.
  • Letakkan bidang lingkaran dengan jarak tertentu dari frame teralis. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pergerakkan tangan dalam membuka dan mengunci jendela.

  1. Insiparasi Garis Pararel yang Maskulin

Teralis kali ini terinspirasi dari permainan garis pararel gaya art deco. Agar tidak terlihat monoton, dihadirkan bidang – bidang pararel pada sisi horizontal dan vertikal. Selain terhindar dari kesan monoton, teralis terlihat maskulin dan kuat secara konstruksi.

         Tips

  • Untuk jendela berengsel pada ambang atas sebaiknya beri jarak tertentu antara frame teralis dengan desain inti teralis sehingga memudahkan gerakan tangan ketika membuka dan menutup jendela.
  • Sebagai alternatif kombinasi profil besi kotak ini dengan besi bergelombang. Beri keduanya jenis finishing yang sama sehingga tekstur pada besi bergelombang dapat memberikan kesan unik tanpa menyebabkan kesan rustic.

  1. Rain Drops

Fenomena alam seperti ini hujan dapat menjadi sumber inspirasi desain teralis. Dengan memanfaatkan profil kotak yang memiliki sisi tipis dan lebar maka dibuatlah komposisi dari titik hujan atau rain drops.

Efek rain drops dibuat dari susunan acak bidang lebar profil besi yang dihadapkan pada arah pandang. Bidang – bidang tersebut dihubungkan dengan garis – garis tipis dari profil besi sebagai struktur utama teralis.

         Tips

Perkuat ilusi dengan meletakkan bidang – bidang profil kotak yang panjangnya berbeda pada teralis bagian dalam.

 

  1. Susunan Garis Inspirasi Art Deco

Jendela yang akan dilengkapi teralis kali ini memiliki modul tidak lebar dan berjumlah banyak. Oleh karena itu, teralis dirancang simpel, tetapi menarik. Bila satu modul akan diduplikasi di berbagai ruang yang memiliki fungsi berbeda – beda maka sebaiknya hidarkan hindarkan detail aksen garis horizontal di bagian tengah. Cara ini, tidak menggangu visualisasi penghuni rumah.

         Tips

  • Sebagai variasi, dapat juga digunakan besi bergelombang pada arah vertikal atau arah horizontal.
  • Untuk ruang – ruang yang lebih pribadi, privasi dapat ditingkatkan dengan memberi lapisan pada kaca (sticker kaca ) sehingga tidak tembus pandang.

  1. Inspirasi Bunga Simpel nan Cantik

Jendela berengsel tidak selamanya memiliki karakter memanjang ke atas, tetapi juga bisa memanjang horizontal. Teralis untuk tipe jendela seperti ini harus dirancang penuh perhitungan. Hal ini perlu dilakukan agar bidang pandang penghuni tidak terganggu oleh dekorasi teralis.

Desain kali ini mencoba mendobrak kekakuan frame persegi dari jendela horizontal. Bunga yang meliuk cantik seolah – olah menghilangkan batas vertikal dan horizontal dari jendela. Untuk menjaga agar inspirasi natural ini tetap sesuai dengan gaya hunian minimalis, bentuk bunga disederhanakan. Detail bunga disimpan di bagian sisi keduanyang dan tengah sehingga tidak mengganggu pandangan ke luar jendela.

         Tips

Lakukan eksperimen dengan mengomposisikan bunga – bunga besi ini melewati frame kayu dari jendela sehingga memunculkan ilusi yang semakin kuat bahwa bunga – bunga tersebut tumbuh alami di alam bebas.

 

  1. Inspirasi Chaotic

Hunian bergaya minimalis erat hubungannya dengan keteraturan. Namun, untuk teralis di rumah minimalis kebalikan dari keteraturannya, yaitu chaos atau chaotic yang bermakna tidak teratur. Ekspresi chaotic menjadi aksen yang kuat pada komposisi hunian bergaya minimalis.

Komposisi chaotic dapat diwujudkan dengan pemanfaatan profil besi bulat maupun pipih. Komposisi acak menjadi kekuatannya. Selain itu, banyaknya garis – garis yang saling bersinggungan semakin memperkuat konstruksi teralis secara keseluruhan.

         Tips

  • Atur sudut – sudut dari garis – garis yang saling memotong atau bersinggungan. Hal ini dimaksudkan agar komposisi keseluruhan dari garis tidak terlalu rapat, berat dan mengganggu visual.

( Dikutip dari “Griya Kreasi” )

 

CV. JAYAWAN
TELP/FAX 021-22950276
HP/Whatsapp 0812 8703 0528
Email bangun_rumah@jayawan.com / dedentanuwijaya@gmail.com
Alamat Jl. Grand Nusa Indah   Gandoang Rt. 03 Rw 04 Kec.    Cileungsi Kab.Bogor 16820
Silahkan Di Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.