ARTIKEL

BAJA RINGAN

baja gif

material

PLAFON

Nasa Home adalah pilihan tepat & terbaik untuk produk lantai vinyl, selain motif yang variatif, produk telah lulus uji coba ketahanan dan mendapat sertifikat badan international, adalah komitmen Nasa Home kepada konsumen dalam memberikan produk benilai seni, berkualitas, dan ramah lingkungan dengan harga terjangkau. Berikut adalah beberapa Keunggulan dari Nasa Home :

  1. Kuat dan tahan lama
  2. Anti gores, exp: kaki meja, roda kursi, high heels, kecuali : benda-benda tajam
  3. Anti lembab
  4. Anti air
  5. Anti rayap
  6. Anti jamur & bakteri
  7. Daya tahan panas hingga 75o celcius
  8. Tidak mengandung zat kimia berbahaya sehingga aman untuk kesehatan
  9. Tahan terhadap cairan kimia antara lain: alcohol dan thinner
  10. Anti noda
  11. Kuat terhadap benda berat tidak bertanda (furniture, meja billiard, dll)
  12. Awet, warna tidak pudar , *garansi film 5 Tahun
  13. Menggunakan system high press system sehingga anti terkelupas
  14. Komposisi material yang ramah lingkungan
  15. Variasi motif yang menarik
  16. Flexible mudah di bentuk
  17. Harga kompetitif/bottom price
  18. Praktis dalam pemasangan
  19. Mudah dalam perawatan
  20. Serbaguna dalam pemakaian (bisa untuk lantai, dinding, plafon, furniture atau accent interior lain)

Motif Vinyl dan Parket Silahkan Download DISINI

Dibawah ini daftar Harga Harga Vinyl dan Parket: Continue reading “Harga Vinyl dan Parket” »

Silahkan Di Share

Pekerjaan instalasi air baik, instalasi air bersih dan kotor memerlukan perhatian yang lebih, mulai dari jenis bahan yang akan digunakan, cara penyambungan, dan kemiringannya. Untuk pemasangan instalasi air dilakukan sebelum pemasangan lantai dilakukan.

1. Instalasi Air Bersih

Satuan dalam menghitung volume pipa air bersih umumnya dengan meter panjang (mI). cara menghitung volume pipa yaitu menjumlahkan panjang pipa yang berdiameter sama, sedangkan menghitung asesoris pipa, yaitu menjumlahkan perlengkapan pipa seperti keni,tee, stop kran, check valve, double neple, water muur, dan sambungan pipa lainnya yang berdiameter sama. Satuannya adalah buah (bh).

Untuk instalasi dalam rumah pipa yang digunakan adalah pipa diameter ½ inci dan pipa ¾ inci.

Berikut ini merupakan volume perlengkapan pipa untuk instalasi air bersih.

  • Volume pipa diameter ½ inci = 33 ml
  • Volume keni diameter ½ inci = 10 bh
  • Volume tee diameter ½ inci   = 4 bh
  • Volume pipa diameter ¾ inci = 11,50 ml
  • Volume keni diameter ¾ inci = 2 bh
  • Volume tee diameter ¾ inci = 1 Ls

BACA SELENGKAPNYA

Silahkan Di Share

Plafond atau langit – langit adalah suatu bidang atau lapisan yang membatasi tinggi suatu ruangan. Plafond berfungsi sebagai keamanan, kenyamanan, serta keindahan ruangan. Tinggi plafond diukur mulai dari permukaan lantai sampai dengan sisi bawah bidang plafond tersebut. Tinggi rendahnya plafond sangat menentukan kenyamanan dan keindahan suatu ruangan. Untuk rumah tinggal sebaiknya digunakan ukuran sedang, yaitu antara 3 – 5 m. Dengan ketinggian demikian sirkulasi udara akan cukup dan keindahan ruangan akan terlihat baik. Batas terendah pasangan plafond adalah 2,8 m dari lantai. Jika pemasangan plafond terlalu rendah maka ruangan akan terasa pengap dna sesak serta sirkulasi udara kurang baik. Sebaliknya, jika plafond dipasang terlalu tinggi kurang enak dipandang, tetapi sirkulasi udara akan lancar dan ruangan terasa dingin.
Fungsi plafond secara umum sudah dijelaskan, tetapi secara spesifik adalah sebagai berikut.
a) Sebagai batas tingginya suatu ruangan sehingga ruangan tidak kelihatan melompong.
b) Menahan berbagai kotoran berukuran kecil yang jatuh dari celah – celah genteng.
c) Menahan percikan air hujan yang jatuh melalui celah genteng.
d) Sebagai isolator atau pengatur rasa panas dan dingin yang berasal dari atap.
e) Sebagai penutup rangka atap agar ruangn terlihat rapi dan bersih.
f) Sebagai peredam suara, baik yang ditimbulkan oleh air hujan atau suara lainnya.
g) Sebagai tempat menggantungkan komponen penerangan atau komponen lainnya.
Saat ini cukup banyak ragam bahan plafond, yaitu triplek, GRC board, gypsum, kayu, anyaman bambu, asbes, dan lain – lain.
A. Triplek
Ukuran triplek yang tersedia di pasaran untuk plafond adalah 122 cm x 244 cm. Dengan ketebalan 3 mm, 4 mm, dan 6 mm. Untuk memasang triplek dapat dibelah menjadi empat bagian menjadi ukuran 61 cm x 122 cm atau dipasang utuh lembaran. Rangka plafond menggunakan kaso 4/6 atau 5/7 dengan ukuran rangka kayu 60 cm x 60 cm.
Kebutuhan untuk memasang 1 m2 plafond triplek adalah sebagai berikut.
1. Triplek = 0,347 lembar
2. Kaso 5/7 atau 4/6 panjang 4 m =1,5 batang
3. Paku =0,220 kg

 

 

BACA SELENGKAPNYA

Silahkan Di Share

Untuk memasang kaca, daun jendela, atau daun pintu perlu dibuatkan bingkai yang cukup kokoh yang biasa disebut kusen. Bahan yang dapat digunakan sebagai kusen antara lain kayu, aluminium, fiber, atau plastik, dan besi.
1. Kusen Kayu
Kusen kayu dipasang bersamaan dengan pemasangan dinding bata atau batako. Satu kusen kayu adalah m3, tetapi jika membeli kusen pada perusahaan biasanya dihitung per lubang kusen. Misalnya sebuah kusen terdiri dari satu pintu dan dua jendela maka satuan kusen dihitung tiga lubang.
Perhitungan volume untuk m3 kusen adalah sebagai berikut.
1. Kayu =1,2 m3
2. Paku = 2,5 kg
3. Lem Kayu =1 kg
Kayu yang digunakan untuk kusen biasanya berukuran 6/15 untuk dinding bata merah dan 6/12 untuk dinding batako. Perbedaan ukuran kayu ini dikarenakan perbedaan ukuran antara bata merah dan batako sebagai bahan penyusun dinding. Bata merah memiliki lebar 10 cm, sedangkan batako memiliki lebar 8 – 9 cm sehingga bila diplester ketebalan dinding sama dengan lebar kusen.
Model kusen kayu bisa memakai jalusi atau tidak (gundulan). Apabila kita menggunakan kusen gundulan biasanya di atasa kusen dipasang rooster untuk sirkulasi udara.

 

BACA SELENGKAPNYA

Silahkan Di Share

Lantai bangunan selain memiliki fungsi utama untuk mencegah kelembapan juga memiliki fungsi sebagai estetika dan kenyamanan dari sebuah rumah. Untuk itu banyak bahan yang dapat digunakan sebagai bahan lantai bangunan, antara lain ubin teraso, keramik, batu alam, dan kayu.

1.Lantai Tegel

Ada beberapa jenis corak dan ukuran tegel. Jenis tegel wafel permukaannya beralur sehingga cocok untuk kamar mandi dan WC. Tegel badak mempunyai permukaan kasar yang sesuai penggunaanya untuk selasar dan kamar mandi. Untuk ruangan dalam dan teras dapat digunakan tegel permukaan halus. Aneka tegel ini biasanya berwarna abu – abu, kuning, merah, hitam. Coraknya ada yang polos, tetapi ada juga yang kembang terutama untuk tegel halus.

Lantai tegel banyak digunakan pada rumah – rumah sederhana karena harganya relatif murah. Saat ini lantai sudah jarang diminati karena masyarakat lebih memilih keramik yang harganya tidak terlampau mahal.

Tegel dibuat dari campuran pasir dan semen serta dilapisi campuran filler mill dan semen putih dengan atau tanpa pewarna. Ukuran tegel biasanya 20 x 20 cm dan 30 x 30 cm dengan ketebalan 3 cm.

Pemasangan tegel dilakukan di atas lantai kerja 1 : 5 yang ketinggiannya telah ditimbang atau diukur dengan water pass. Kemampuan tukang untuk memasang tegel rata – rata 15 m2 per hari. Bahan baku yang diperlukan untuk pemasangan ubin adalah pasir pasang dan semen PC.

Volume pekerjaan lantai biasanya sama dengan luas bangunan bagian dalam kecuali pada selasar atau teras yang dipasang tegel. Kebutuhan bahan untuk 1 m2 pasangan tegel adalah sebagai berikut.1.
1.Lantai tegel         = Ukuran 30 cm x 30 cm = 11 buah / m2
Ukuran 20 x 20 cm = 25 buah /m2
2.Semen PC (50 kg)= 0,214 sak
3. Pasir Pasang        = 0,030 m3

 

 

BACA SELENGKAPNYA

Silahkan Di Share

Fungsi dinding dalam suatu bangunan adalah sebagai pembatas rumah terhadap lingkungan luar atau pun sebagai pembatas antar ruangan. Bahan yang biasa digunakan sebagai bahan penyusun dinding antara lain batu bata merah, batako, bambu, kayu, triplek atau multiplek, GRC, hebel, dan pelapah kelapa atau sagu.

Masing – masing bahan tersebut dapat dikombinasikan satu dengan lainnya, misalnya papan kayu dengan anyaman bambu, bata, bata atau batako dengan papan atau anyaman bambu. Dari kombinasi tersebut muncul istilah dinding setengah tembok dengan papan, dinding setengah tembok dengan anyaman bambu (bilik), dan lain – lain.

Dinding untuk rumah panggung diperlukan bahan – bahan ringan, sedangkan untuk rumah selain panggung lebih banyak kombinasinya. Pemilihan bahan dinding ini biasanya diperlukan beberapa pertimbangan, misalnya untuk dinding pembatas ruangan hendaknya mampu meredam suara secukupnya, sedangkan dinding luar dipilih bahan yang kuat dan awet karena sering terkena air hujan serta panas matahari.

A. Ragam Dinding

Perhitungan dari masing – masing bahan penyusun dinding berbeda – beda. Berikut disajikan cara perhitungan volume pekerjaan pada dinding berdasarkan bahan penyusunnnya.

  1. Dinding Bata Merah

Batu bata atau bata merah adalah bahan bangunan yang dibuat dari cetakan adukan tanah liat dengan atau tanpa bahan campuran lainnya yang kemudian dibakar dengan suhu tinggi. Tidak semua tanah liat bisa digunakan untuk bata merah, melainkan hanya tanah – tanah tertentu dengan kandungan pasir yang cukup.

Bata merah yang biasa diperjualbelikan berukuran, tebal atau tinggi 5 cm, lebar 10 cm, panjang 20 – 24 cm, sert berat kurang dari 3 kg / biji. Kebutuhan bahan baku untuk pasangan dinding bata merah adalah pasir pasang dan semen.

Menggunakan batu bata merah atau batu bata merah atau batu bata untuk bahan dasar penyusun dinding ternyata mempunyai kekurangan dan kelebihan diantaranya sebagai berikut.

Kelebihan
1. Kedap air sehingga jarang terjadi rembesan pada tembok akibat air hujan.
2. Keretakan relatif jarang terjadi.
3. Kuat dan tahan lama.

Kekurangan
1. Waktu pemasangan lebih lama dibandingkan dengan batako dan bahan dinding lainnya.
2. Biaya harga lebih tinggi.

 

BACA SELENGKAPNYA

Silahkan Di Share

Beton bertulang pada bangunan rumah berfungsi sebagai penyalur beban yang ada dibawahnya. Ada jenis pekerjaan beton bertulang, yaitu pekerjaan sloof, kolom, dan ring balok.
1. Sloof

Sloof adalah beton bertulang yang diletakkan secara horizontal di atas pondasi. Panjang sloof sama dengan panjang pondasi. Sloof berfungsi untuk meratakan beban yang bekerja pada pondasi dan pengikat stuktur bawah.

Dimensi sloof tergantung dari tipe bangunan yang akan dibangun. Untuk rumah sederhana (tidak tingkat) dimensi yang digunakan adalah lebar 15 cm tinggi 20 cm.

 

BACA SELENGKAPNYA

Silahkan Di Share

Membangun carport selain disesuaikan dengan anggaran, perlu mempertimbang desain, material,dan kecocokan dengan gaya rumah. Carport terdiri dari beberapa elemet yaitu lantai, tiang/ rangka atap dan penutup atap. Bagaimana mengolah unsur – unsur tersebut menjadi satu kesatuan ? aneka desain carport bernuansa klasik, alami dan modern dapat dijadikan inspirasi untuk mewujudkan carport idaman.

Ringan dan Menolak Panas

Terbuat dari baja ringan, penutup carport tidak berisik, simple, dan modern. Atap carport ini sistem pemasangannya sederhana, masing – masing bagian disambungkan cara click and lock. Karena sifatnya yang ringan baiknya memakai rangka dari besi hollow ukuran 4 x 4 cm.

Lantai carport dipilih dari konblok, selain biayanya murah, air dapat langsung meresap ke dalam tanah melalui celah – celah pada konblok.kombinasi lantai konblok dan penutup atap baja ringan ini menjadi paduan atap baja ringan ini menjadi paduan yang serasi.

 

 

Hijau Nan Asri

Prinsip back to nature diterapkan di seluruh bagian rumah termasuk carport. Carport disini difungsikan untuk tempat parkir mobil sementara. Tidak disediakan atap pada carport karena jika mobil tidak digunakan maka mobil dimasukkan ke garasi.

Sekalipun tidak beratap, carport ini sudah cukup teduh karena dinaungi pohon besar dan tumbuh – tumbuhan hijau. Paduan batu alam dan rumput pada lantai carport menguatkan kesan alami. Kejelian memanfaatkan unsur alam nampak pada fasad rumah yang didominasi bebatuan.

Carport yang memanjang ke samping ini berukuran 5 x 6 meter, mampu menampung dua mobil. Ukurannya yang lebar dapat dimanfaatkan bila ada tamu / saudara yang berkunjung, mobil dapat diparkir di carport.

BACA SELENGKAPNYA

Silahkan Di Share

Pilih Panasnya atau Teduhnya
Material atap carport secara garis besar dapat dibagi kedalam dua kategori, trasparan dimana sinar matahari dapat masuk melalui atap dan tertutup, cahaya sinar matahari tidak dapat menerobos melalui atap. Masing – masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Material apa yang anda pilih? Menawarkan keteduhan atau menginginkan sinarnya ? Mari kita telaah lebih lanjut material apa saja yang tersedia di pasaran.

1.Polikarbonat

Bahan dasar material ini adalah polikarbonat yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan suatu lembaran yang tahan cuaca. Polikarbonat berbentuk lembaran datar dengan pilihan warna bervariatif dan dijual per rol. Polikarbonat ada dua jenis yaitu polikarbonat rata dengan rongga dan polikarbonat bergelombang tanpa rongga. Polikarbonat biasanya digunakan di garasi, kanopi atau atap tambahan. Harga polikarbonat tergantung merk dan jenis. Pemasangan polikarbonat untuk rangka kayu menggunakan paku, sedangkan untuk rangka baja menggunakan mur baut.

 

BACA SELAENGKAPNYA

Silahkan Di Share

Letaknya yang berada pada ruang terbuka, memungkinkan area garasi mobil kerap basah terkena guyuran air hujan dan menyebabkan lantai menjadi licin. Dalam keadaan basah seperti ini, carport tidak nyaman dan bahkan berbahaya jika digunakan sebagai akses ke luar masuk rumah. Oleh karena itu, material lantai carport harus mempertimabangkan kondisi tersebut di atas, yakni aman dalam segala kondisi dan cuaca.
Untuk menghindari licin dan slip, material lantai harus memiliki tekstur. Selain itu sesuai fungsinya sebagai garasi mobil, material lantai juga harus memiliki daya tahan terhadap beban yang cukup besar dan tahan gesekan.
Ada banyak material lantai yang memenuhi syarat untuk area carport, mulai dari plesteran semen biasa hingga ubin keramik. Bisa juga memakai batu alam (andesit, salagedang, batu kali lempeng, karang pilang). Grass block, paving block, kombinasi dari berbagai jenis material tersebut. Akan tetapi, material yang dipilih aspek keamanan harus menjadi pertimbangan utama, yakni aman dalam segala kondisi dan cuaca.

1.Semen Pelesteran
Semen pelesteran merupakan jenis lantai yang paling sederhana. Biayanya relatif lebih murah dibanding material lain dan pembuatannya sederhana, menjadi alasan utama pemilik rumah banyak memilihnya. Akan tetapi, warnanya yang agak gelap ini menyebabkan kotoran, seperti pasir dan debu samar terlihat pada saat cuaca terik.
Sesuai dengan namanya, lantai ini dihasilkan dari plesteran semen pada permukaan lantai. Akan tetapi finishingnya tidak dihaluskan, melainkan diberi perlakuan. Perlakuan menyapu acian semen dengan lidi atau menyisir dengan alat khusus, yakni disebut trowel, sehingga permukaan lantai berstektur. Alat yang disebut terakhir ini dapat dibeli di toko material bangunan.

2.Semen Cetak dan Koral Sikat
Material lantai berupa cetakan semen dalam bentuk lembaran atau lempengan dengan ketebalan 3 – 5 cm. Percetakan semen bisa dilakukan langsung di badan, lantai atau diluar area lantai. Meski berbeda letak pembuatannya, proses tetap sama.
Semen cetak langsung dibuat di badan lantai, maka pola cetakan dibuat untuk satu bidang lantai dengan memperhitungkan kemiringannya. Sedangkan jika dilakukan di luar area lantai, pola cetakan dibuat untuk satu lempengan.
Adukan semen untuk material lantai ini merupakan campuran pasir, semen, dan batu koral kecil (3 : 1 : 0,25). Batu koral kecil berfungsi untuk memperkuat struktur semen. Adukan semen dimasukkan dalam cetakan terbuat dari kayu atau besi. Setelah kering, pola cetakan dilepas.
Untuk memberi nuansa berbeda dan sebagai elemen pemanis, bagian atas semen cetak bisa diberi batu koral hias. Lantai koral sikat cocok untuk rumah bergaya country.
Kini material lantai semen cetak dank oral sikat bisa dibeli di toko – toko bangunan atau outlet khusus yang menjual material batu alam. Harganya bervariasi, tergantung daerah asalnya.

Membuat Koral Sikat
Koral sikat dibuat dengan cara menebar atau menempel satu persatu elemen batu saat semen masih basah. Setelah kondisi semen setengah kering, permukaannya disikat perlahan – lahan. Menggunakan sikat kawat hingga batunya muncul. Selepas itu dibersihkan dengan lap basah dan dibiarkan mengeras. Adanya pekerjaan menyikat inilah menyebabkan elemen ini disebut koral sikat.

BACA SELENGKAPNYA

Silahkan Di Share

Nilai sebuah carport tak hanya ditentukan dari kecantikan sosoknya, tapi kemampuannya menanggung beban harus diperhitungkan dengan cermat. Untuk itu jangan abaikan konstruksinya.

Carport bukanlah sekedar / kadang bagi kendaraan yang akan diparkirdi dalamnya, yang hanya butuh penutup atap sekedar untuk melindungi kendaraan dari pengaruh cuaca (panas, hujan, dan angin). Namun carport harus dapat menjadi tempat pendaratan yang aman bagi kendaraan. Untuk itu, selain atap yang kokoh, carport juga harus memiliki lantai yang kuat yang dapat menanggung beban berat kendraan yang melintas dan diparkir didalamnya.

Jadi selain keindahan, faktor keaamanan sangat penting diperhatikan ketika kita merencanakan sebuah carport. Bicara soal aman, tiga hal yang terkait adalah ukuran, kekuatan menanggung beban, dan ketepatan memilih material yang digunakan.

Berapa Luasnya ?

Tidak ada persyaratan ukuran standart yang diberlakukan untuk sebuah carport. Ada banyak variasi tergantung pada banyak dan ukuran mobil yang mati akan mengisinya.

Terkait dengan ukuran, yang penting dari sebuah carport adalah menentukan jarak yang tepat (panjang, lebar, dan tinggi) agar sirkulasi kendaraan masuk dan keluar dapat berjalan lancer. Misalnya, dimana harus berbelok dan setajam apa atau berap derajat perputarannya. Harus dirancang posisi yang tepat sehingga urusan parker memarkir kendaraan dapat mudah dilakukan. Selain prasananya, ukuran dari kendaraan juga mesti diperhatikan. Sesuai dengan ukuran atap carport. Berapa tinggi jarak lantai dan atap carport dan berapa lebar pintunya, bahkan ketika saat – saat tertentu harus membeli dan membawa pulang perabot yang cukup besar, harus diperhatikan kendaraan dapat melalui carport dengan aman.

Beberapa sumber mengatakn bahwa sebagai acuan dapat digunakan ketentuan sebagai berikut. Luas minimal untuk 1 mobil adalah 2,3 x 4,6 m2, dan utuk 2 mobil adalah dua kalinya, yaitu 4,6 x 5,2 m2. Sedangkan tingginya tergantung pada kebutuhan setiap penghuni. Yang pasti harus disesuaikan juga dengan desain rumah secara keseluruhan.

Sekuat Apa Lantainya

Dua sudut pandang untuk merencanakan kekuatan lantai adalah, pertama dari berat kendarannya dan yang kedua dari kondisi tanahnya. Sebenarnya bobot kendaraan itu relatif ringan. Beban yang tak terlalu berat ini bisa di tanggung oleh tapakan beton ringan dengan kekuatan sebesar 25 Mpa (250 kg/cm2). Pengukurannya dilakukan setelah beton kering (28 hari ). Beton ringan ini dapat dibuat dari campuran semen, pasir, dan koral dengan perbandingan 1:3:5. Campuran dari bahan ini kemudian ditambah air dan dituang ke bidang carport.

 

BACA SELENGKAPNYA

Silahkan Di Share

Carport adalah penutup atau struktur perpanjangan / tambahan yang merupakan perluasan area pada sebuah halaman rumah. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat memarkirkan mobil. Selain itu carport, berfungsi sebagai estetika (keindahan). Carport yang di desain menyerupai pergola akan meningkatkan kualitas fasad rumah.

Pada prinsipnya, carport merupakan tempat perlindungan yang dapat memberikan naungan bagi kendaraan. Konstruksi carport yang jauh lebih murah dan sederhana di banding garasi permanen pun menjadi salah satu alasan orang memilih membuat carport. Meski begitu, konstruksi sederhana tak berarti asal-asalan atau seadanya. Bayangkan jika  konstruksinya tidak kokoh dan jatuh menimpa kendaraan.

Disamping itu, lokasi carport dan letak talang air atau cara pemasangan atap dengan kemiringan yang tepat perlu  diperhatikan untuk memperoleh carport yang fungsional serta aman. Jangan lupakan pula bahwa desain carport yang terletak di bagian depan rumah akan memengaruhi tampilan wajah bangunan. Oleh karena itu,pemilihan material serta bentuk dan struktur atap harus dirancang dengan cermat.

Carport juga sebagai penyeimbang bentuk rumah, karena dapat membentuk tampilan rumah menjadi seimbang. Bisa juga sebagai entrance (pintu masuk) ke areal rumah dan dapat pula menjadi area transisi dari ruang eksterior keruang interior.

Letak carport bisa dibuat di samping atau halaman depan rumah. Karena merupakan bagian dari rumah dan langsung terlihat dari jalan, menyebabkan desain carport harus harmoni dengan tampak depan (fasad) rumah dan tampol secantik mungkin.

Agar harmoni, pembuatan carport tidak boleh dilakukan secara asal – asalan. Sebab, hal itu bisa merusak desain rumah yang dengan susah payah telah dibangun. Banyak yang membangun carport dengan kayu – kayu asal saja. Tentu ini akan merusak pemandangan rumah. Nah, agar carport bisa mempercantik rumah, maka sebaiknya carport dibangun mengikuti desain rumah. Carport yang menawan pasti akan memberi nilai tambah tampilan rumah anda.

1. Kesan bersih dan minimalis

Carport dengan struktur atap datar dan kolom beton dapat menjadi salah satu pilihan untuk menghadirkan kesan minimalis. Untuk kesan yang berbeda, biarkanlah struktur beton terekspos apa adanya. Tak ingin penampilan carport terganggu oleh pipa-pipa dari talang air? Mudah saja, ‘’sembunyikan’’ pipa-pipa tadi dengan pemasangan didalam kolom penyangga atap. Kolom-kolom beton juga dapat dipadukan dengan atap kaca untuk menampilkan kesan yang lebih lapang.

ka4

BACA SELENGKAPNYA

Silahkan Di Share

Skala pekerjaan  yang beragam dalam renovasi rumah menjadikan kebutuhan biaya renovasi beragam pula. Salah satu hal yang sering kali luput diperhitungkan sebagai biaya renovasi adalah tambahan biaya pekerjaan pembongkaran sehingga pemilik rumah sering kali merasa kaget dengan biaya yang membengkak di akhir pekerjaan.

Kejadian seperti ini menjadikan banyak pemilik rumah merasa ragu untuk melakukan renovasi. Padahal, jika diperhitungkan dengan cermat sebelumnya, kisaran biaya renovasi dapat diperkirakan dengan tepat. Tentu saja jangan lupa untuk memasukkan unsure biaya bongkar pasang dalam penyusun RAB renovasi.

Beberapa inspirasi desain renovasi berikut ini merupakan gambaran pekerjaan renovasi dalam skala kecil, sedang, dan besar. Untuk mempermudah anda yang telah memperhitungkan pekerjaan bongkar pasang.

1.Mengubah Tampak Rumah

Mereka yang tinggal di perumahan atau real estate mungkin akan merasa bosan dengan bentuk dan tampak bangunan yang hampir seluruhnya seragam. Salah satu cara mengakalinya adalah dengan mengubah tampak bangunan. Pekerjaan ini termasuk dalam renovasi skala kecil karena tidak banyak bagian yang harus dibongkar dan ditambahkan.

Beberapa cara mengubahnya adalah dengan mengganti warna cat atau material tampak bangunan. Seperti halnya rencana perubahan tampak rumah berikut ini. Sedikit mengubah tampilan di bagian depan menjadikan rumah tampil seperti baru.

Bagian yang diganti adalah material fasad pada penebalan dinding di sekitar pintu masuk. Tampilan awal berupa finishing cat berwarna krem dengan tali air berpola garis – garis horizontal memanjang. Agar tampil lebih menarik, bagian dinding dimajukan sedikit, lalu ditambahkan pelapis batu alam yang menyerupai tampilan bata merah dipadu dengan batu alam bernuasa alami. Jalusi ditambahkan di depan jendela sebagai filter terhadap sinar matahari, sekaligus dimainkan pola horizontal – vertical pada fasad.

 

percantik-dinding-dengan-batu-karang-pilang

 

BACA SELENGKAPNYA

Silahkan Di Share
  1. Menghindari Sinar Matahari dan Mengurangi Panas

Meskipun memberi banyak manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lain, ada kalanya sinar matahari juga membawa dampak buruk bagi kesehatan kita. Tak jarang sinar matahari yang terlalu terik membuat kita merasa tidak nyaman. Yang lebih bahaya, radiasinya dapat menyebabkan kanker kulit. Efek buruk ini tentu saja dapat dihindari dengan berlindung di bawah buruk ini tentu saja dapat  dihindari dengan berlindung di bawah naungan. Dalam konteks bangunan, ataplah yang menjadi elemen pemberi perlindungan tersebut.

 

Agar fungsi ini berjalan optimal, ada baiknya kita tidak menganggap remeh desain atap yang kita terapkan. Terutama di Negara teropis yang notabene memperoleh sinar matahari sepanjang tahun, pilihan bentuk dan material atap berpengaruh besar pada kemampuannya menangkal panas.

 

Secara umum, atap miring memiliki respon yang lebih baik terhadap panas, sebab ia memiliki rongga dibawah atap yang berfungsi sebagai area sirkulasi udara. Fungsinya mengusir hawa panas. Selain dipengaruhi bentuk, material yang kita pakai juga mempunyai andil dalam mengurangi panasnya suhu matahari. Material insulator panas yang diletakkan di bawah penutup atap tertular, misalnya mampu memperkecil suhu yang sangat panas pada siang hari.

 

Dilain pihak, atap juga bisa menjadi jalan masuk sinar matahari untuk ruang – ruang yang tidak berjendela, terutama ruang yang terletak di tengah – tengah bangunan. Yang perlu anda lakukan hayalah membuat skylight (atap tranparan). Gunakan kaca berlaminasi agar sinar matahari yang masuk tidak terlalu tajam.

 

images

 

  1. Melindungi dari hujan

 

Salah satu fungsi lain atap adalah melindungi dari terpaan hujan. Karena itu, keberadaan atap dalam sebuah hunian tak bisa ditawar lagi.

 

Bahan atau material yang kedap air dan kuat merupakan syarat yang wajib dipenuhi di bawahnya dari hujan. Berkat teknologi pembuatan material atap yang kian maju, kini banyak pilihan bahan penutup atap kedap air yang praktis pemasangannya. Begitu pula bahan pelapis kedap air atau waterproofing yang dapat diaplikasikan pada sambungan atap yang rentan kebocoran.

 

Namun pada bangunan yang berkonsep tradisional, atap dari bahan yang alami, misalnya alang – alang, juga masih disukai dan masih banyak digunakan. Jika anda ingin memakai atap seperti ini, pastikan ketebalannya cukup efektif sehingga dapat mencegah air masuk ke bangunan.

 

Selain material atap, bentuk atap juga patut dipertimbangkan. Dan untuk daerah tropis , lagi – lagi atap miringlah yang paling sesuai. Bentuk atap ini memungkinkan air mengalir ke bawah dengan lebih cepat sehingga tidak mengendap di atas atau merusak material atap. Untuk menghalangi tempias air hujan memasuki rumah, konstruksi atap miring sebaiknya juga diberi overstek atau perpanjangan atap yang biasa kita kenal dengan teritisan. Element inilah yang memperkecil kemungkinan air hujan langsung mengenai dinding bangunan. Bisa dikatakan element yang satu ini tidak dilupakan, sebab jika air hujan terus – menerus membasahi dinding rumah, lama – kelamaan dinding akan rapuh dan retak.

 

Sistem drainase pada atap merupakan poin lain yang wajib diperhatikan. Berupa talang dan pipa yang mengalirkan air ke bawah, saluran air ini tidak boleh diabaikan. Kehadiran sistem drainase mempermudah kita mengendalikan air hujan yang jatuh dari atap ke tanah, atau sekalian dialirkan ke tempat penampungan air, misalnya sumur resapan. Supaya terhindar dari kerumitan pemasangan talang dan pipa, sebaiknya hindari desain atap dengan terlalu banyak jurai, sebab kehadirannya memperbesar kemungkinan atap bocor.

 

atap-rumah-desain

BACA SELENGKAPNYA

Silahkan Di Share

Bahan Penutup Atap

Sebagai lapisan tertular, bahan penutup atap merupakan material yang bersinggungan langsung dengan pergantian cuaca, misalnya paparan sinar matahari, angin, dan terpaan hujan. Untuk itu, Anda harus memilihnya dengan cermat dan sesuai kebutuhan.

Genteng Metal
Genteng metal terbuat dari baja lapis ringan / Zincalume steel yagn merupakan perpaduan 43,5 % seng, 55 % alumunium, dan 1,5 % silikon. Berbentuk lembaran yang bergelombang, genteng ini juga dikenal dengan sebutan baja gelombang.

Dari segi berat, genteng metal yang berupa lembaran ini mempunyai berat yang jauh lebih ringan dibanding genteng keramik atau beton, yaitu sekitar 1/ 10 nya. Artinya, berat setiap 1 m2 genteng metal hanya sekitar 2,5 – 3 kg. Bandingkan dengan berat genteng beton atau keramik yang bisa mencapai 40 – 45 kg per 1 m2 . Dengan bobot yang begitu ringan, struktur rangka atap pendukungnya pun dapat disederhanakan. Sebagai contoh, ukuran kuda – kuda dapat diperkecil, hal ini secara langsung akan mempengaruhi besar kolom dan pondasi. Secara otomatis, pengecilan elemen – elemen  struktur ini juga memperingan beban bangunan serta menghemat biaya. Penghematan biaya lain bisa didapatkan dari penggunaan kasau, sebab genteng metal berbentuk lembaran bisa mencapai panjang maksimal 77 cm.

Untuk pemasangan pada rangka atap, lembaran genteng metal harus di ikatkan ke reng dengan sekrup khusus.

genteng-metal

Asbes

Asbes merupakan bahan material berupa serat yang banyak menghisap panas dan sedikit merefleksikan sinar matahari. Alhasil, ruang di bawahnya cenderung panas. Untuk rumah tinggal, material ini tidak banyak dipilih dan kurang baik. Namun ada juga sebagian dari kita yang masih menggunakannya.

Proses pemasangan material yang satu ini tergolong mudah dan cepat. Selain itu, ia bisa langsung dipasangkan pada balok gording sehingga tidak memerlukan usuk dan reng lagi. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jika penutup ini rusak atau retak, kita harus menggantinya dengan lembaran utuh.

Untuk penutup atap, terdapat 2 jenis asbes bergelombang yang bisa digunakan. Yang kedua punya sudut 60o, bisa digunakan untuk pabrik. Upaya untuk mengurangi terhirupnya debu dan serat pembentuk asbes adalah penggunaan plafon pada ruang. Selain itu, anda harus mengganti asbes dalam kurun waktu 5 tahun,meski belum rusak.

harga-asbes

BACA SELENGKAPNYA

Silahkan Di Share

Bahan Konstruksi Rangka Atap

Kayu

Konstruksi rangka atap kayu merupakan paling awal digunakan dan merupakan yang paling populer. Pilih kayu yang berkualitas baik, yaitu kayu yang berkualitas 1 dan 2, seperti ulin, meranti, damar laut, jati, dan sawo, agar kekuatan dan keawetannya terjamin. Jenis – jenis kayu tersebut dapat menahan beban dengan baik, juga tahan lama. Sayangnya, kayu berkualitas baik seperti itu semakin lama semakin sulit ditemukan. Otomatis harganya pun semakin terjangkau.

Konstruksi rangka kayu sesuai untuk bangunan dengan dengan lebar bentang tidak lebih dari 4 meter. Konstruksi ini juga tergolong mudah dikerjakan. Peralatan yang dibutuhkan pun sederhana. Karena konstruksi ini juga telah sering digunakan, hampir setiap tukang bangunan menguasai sistem ini. Adapun tak akan sulit menemukan tukang bangunan yang ahli membuat rangka atap dari kayu.

Perlu diingat kayu pun mempunyai kelemahan, yaitu bersifat menyusut dan mengembang sesuai kadar air karena kelembapan udara disekitarnya. Selain itu, kayu juga mudah membusuk jika terkena air pada bagian yang tidak terkena air pada bagian yang tidak terkena pengudaraan.

Satu lagi sifat jelek kayu, yaitu serangan rayap. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memilih kayu berusia tua. Kayu jenis ini biasanya memiliki kadar air lebih sedikit alias kering. Apabila Anda sulit menemukan kayu seperti ini, pilihlah kayu yang telah dioven  / dikeringkan terlebih dulu.

Seperti telah disinggung sebelumnya, konstruksi rangka atap sendiri terdiri atas beberapa komponen, yaitu kuda – kuda, gording, reng dan kasau. Komponen – komponen atap tersebut dijual di took – took bahan bangunan dalam bentuk batangan dengan ukuran standar. Sebagai contoh, untuk kuda – kuda dan gording,ukuran yang dipasarkan meliputi 8 x 12 cm dan 6 x 12 cm, untuk kasau 5 x7 cm atau 4 x 6 cm sementara untuk reng 3 x 4 cm dan 2 x 3 cm.

Banyak atau sedikitnya material kayu  yang digunakan untuk rangka kayu tergantung pada luas ruang yang harus dilindungi atap. Selain itu, pertimbangkan juga beban atap dari bahan penutup dan bentuk atap yang akan digunakan. Semakin rumit bentuk atapnya, semakin rumit pula bentuk rangka dibawahnya. Akibatnya, semakin banyak pula kayu yang dibutuhkan.

Dari segi estetis, rangka kayu merupakan jenis yang indah untuk diekspos. Keindahan ini dapat terlihat jika anda meniadakan plafon sehingga rangkanya terlihat dari dalam rumah. Agar tampilannya lebih menarik, ada baiknya kayu yang digunakan sebagai rangka ekspos di beri finishing terlebih dulu.

Tips Mencegah rayap naik ke atap :

  • Berilah serum anti rayap pada lubang – lubang fondasi dan seluruh area lantai bawah.
  • Berikan proteksi anti rayap pada kayu yang akan digunakan dengan cara memberi cairan anti rayap (dicelup atau dioleskan dengan bantuan luas.
  • Cara lain yang bisa dicoba adalah merendam kayu yang akan digunakan selama 4 – 6 bulan. Tujuannya adalah melarutkan zat – zat  di dalam kayu yang dapat menarik minat rayap.
  • Sebaiknya pilih kayu berusia tua dan kering. Pilih juga jenis kayu yang tahan rayap , misalnya kayu jati, ulin, dan kamper.
  • Jika bangunan anda terlanjur terkena serangan rayap, lakukan injeksi cairan anti rayap pada dinding di luar rumah. Buatlah lubang – lubang berjarak 40 – 50 cm, kemudian semprot bahan kimia tersebut sebanyak 2 – 3 liter pada tiap lubang.

okfkfiwkct

Baja

Satu lagi rangka atap yang kini semakin popular digunakan, yaitu sistem rangka atap dari baja ringan. Struktur rangka atap ini semakin banyak dipilih karena saat ini menemukan kayu kualitas prima untuk bahan konstruksi rangka atap kayu semakin sulit.

Semakin banyak produsen yang menawarkan rangka atap, juga bagian konstuksi bangunan yang lain dari baja ringan. Dan bukan hanya dari bahan jadinya yang disediakan. Tersedia pula jasa pemasangan dengan garansi tertentu.

Sistem konstruksi yang praktis dan proses pemasangan yang praktis dan proses pemasangan yang cepat merupakan salah satu keunggulan sistem ini Dibandingkan dengan konstruksi rangka dari kayu yang membutuhkan waktu pemasangan minimal 7 hari  (belum ditambah pelapis anti rayap) , pemasangan rangka atap baja ringan bisa diselesaikan hanya dalam waktu 4 – 7 hari. Selain itu, rangka atap ini bisa  dirakit di tempat penjual maupun langsung dilokasi.

Jika rangka kayu ini disusun dari beberapa komponen, lain halnya dengan rangka baja ringan. Rangka ini merupakan satu kesatuan struktur yang tidak terpisahkan. Model rangka atapnya pun tidak bisa dibuat sembarangan. Untuk mendapatkan bentuk dan ukuran yang paling tepat, penghitungan struktur dengan bantuan computer sangat diperlukan. Karena itu, pemasangannya pun harus dilakukan dengan teknik khusus, tidak bisa dikerjakan sembarangan tukang. Pastikan ada pengawas proyek atau tukang ahli dalam bidangnya yang telah mendapatkan sertifikasi pelatihan kerja. Khususnya untuk pemasangan rangka atap baja ringan.

Karena sudah terfabrikasi, setiap batang bajanya terjamin presisinya. Kondisi ini tentu berbeda dengan rangka kayu yang masih dibuat secara manual. Sama dengan rangka kayu, rangka baja juga memerlukan kuda – kuda  sebagai struktur penopang utamnya. Bedanya, rangka baja ringan tidak memerlukan gording dan kaso. Untuk meletakkan genteng, baja ringan menggunakan baja profil U sebagai reng.

Dipasaran , secara umum rangka baja ringan dijual antara  Rp. 120.000 – 160.000  / m2 besar  – kecilnya biaya tergantung pada ketetapan dari produsen baja ringan itu sendiri. Hal – hal lain yang juga mempengaruhi harganya, antara lain desain ( semakin rumit desainnya, secara otomatis bahan yang dibutuhkan pun semakin banyak ) sudut kemiringan (semakin tinggi sudut kemiringannya, semakin banyak bahan yang dibutuhkan ) dan bahan genteng( ukuran genteng yang besar akan memperlebar jarak reng sehingga kebutuhan bahan dapat diminimalisasi). Penambahan elemen atap seperti overstek dan teritisan juga mempengaruhi kebutuhan bahan.

Jika pada rangka kayu, rayap merupakan musuh utama, pada rangka baja ringan karat dan korosi lah musuh utamanya. Untuk menghindarinya, cermat – cermatlah memilih produsen. Pastikan baja ringan yang anda beli diberi garansi anti karat dan korosi.

baja

BACA SELENKAPNYA

Silahkan Di Share

Komponen Atap

Setiap rangka atap baik yang terbuat dari kayu, maupun baja ringan terdiri atas komponen – komponen penyusun. Komponen penyusun tersebut diperlukan utuk membentuk rangka yang kuat, berumur panjang, serta dapat menangui penghuni di bawahnya dengan sempurna.

Komponen penyusun rangka berfungsi menahan beban dari bahan penutup atap, Karena itu, umumnya rangka ini terdiri atas susunan balok – balok ( kayu, bambu, maupun baja). Susunan balok tersebut bisa terdiri atas susunan vertikal  dan horizontal. Khusus untuk atap dak beton, yang ada hanyalah susunan vertical. Dari susunan balok – balok inilah kemudian muncul istilah gording, reng, dan kasau. Susunan balok – balok tersebut turut memengaruhi bentuk atap.

Khususnya di Indonesia, Komponen atap miring yang umumnya di pakai terdiri atas kuda – kuda, gording, kasau/ usuk, reng, ring balok, lisplank, pelapis atap dan penutup atap.

tradisional

BACA SELENGKAPNYA

Silahkan Di Share

Pengertian Batako   

Batako merupakan bahan bangunan yang berupa bata cetak alternatif pengganti batu bata yang tersusun komposisi dari antara pasir, semen Portland dan air dengan perbandingan 1 semen : 7 pasir.

Batako adalah bata yang terbuat dari campuran bahan perekat hidrolis ditambah dengan agregat halus dan air dengan atau tampa bahan tambahan lainnya dan dan mempunyai luas penampang lubang lebih dari 25 % isi batanya. Batako merupakan batu cetak yang dibuat dengan memelihara dalam suasana lembab dengan campuran tras, kapur, dan air dengan atau tanpa bahan bahan lainnya.

Batako atau batau cetak beton adalah element bahan bangunan yang terbuat dari campuran semen Portland atau sejenisnya, pasir, atau dengan tanpa bahan tambahan lainnya, dicetak hingga sedemikian rupa sehingga memenuhi syarat dan dapat digunakan sebagai bahan untuk pasangan dinding.

img0368a

Sifat dan Jenis Batako

Menurut randing jenis batako di kelompokkan dalam  :

  1. Bata cetak beton, dibuat dari campuran semen Portland dan pasir atau batu kerikil.
  2. Batu cetak trass kapur, dibuat dengan campuran kapur padam dan trass.
  3. Batu cetak tanah stabilisasi terdiri dari batu cetak semen, tanah, dan batu cetak kapur.
  4. Batu cetak kapur pasir dibuat dari campuran kapur padam, pasir kwarsa, dimampatkan dan dikeraskan dengan tekanan uap tinggi
  5. Batu cetak beton ringan, yang dapat berupa
  6. Batu cetak beton gas atau beton busa yang dibuat dari campuran kapur atau semen Portland, digiling dengan pasir kwarsa, bubuk alumunium (bahan pembusa lain) dan dikeraskan seperti batu kapur.
  7. Batu cetak beton dan beton apung dibuat dari semen Portland, pasir alami, kerikil, dan batu apung.

Faktor – faktor yang mempengaruhi mutu batako  

Agar di dapat mutu batako yang memenuhi syarat banyak yang mempengaruhi. Mutu batako tergantung pada :

  1. Faktor air semen
  2. Umur batako
  3. Kepadatan batako
  4. Bentuk dan tekstur batuan
  5. Ukuran agregat dan lain – lain

Faktor air semen adalah perbandingan antara berat air dan berat semen dalam campuran adukan. Kekuatan dan kemudahan pengerjaan. Campuran adukan batako sangat dipengaruhi oleh jumlah air campuran yang dipakai. Untuk suatu perbandingan campuran batako tertentu diperlukan jumlah air yang tertentu pula.
Pada dasarnya semen memerlukan jumlah air sebesar 32 % berat semen untuk beraksi secara sempurna, akan tetapi kurang dari 40 % berat semen maka reaksi kimia tidak sesuai dengan sempurna. Apabila kondisi ini dipaksakan akan mengakibatkan kekuatan batako berkurang. Jadi air yang dibutuhkan untuk beraksi dengan semen dan untuk memudahkan pembuatan batako, pada pembuatan dibuat pada batas kondisi adukan lengas tanah,  karena dalam kondisi ini adukan dapat dipadatkan secara optimal.

Mutu batako (kuat atau tekan ) bertambah tinggi dengan bertambahnya umur batako. Oleh karena itu sebagai standar kekuatan batako dipakai kekuatan pada umur batako 28 hari. Bila karena sesuatu hal diinginkan untuk mengetahui kekuatan batako pada umur 28 hari, maka dapat dilakukan dengan menguji kuat tekan batako pada umur 3 atau 7 hari dan hasilnya dikalikan dengan faktor tertentu untuk mendapatkan perkiraan kuat tekan batako pada umur 28 hari. Kekuatan batako juga dipengaruhi oleh tingkat kepadatannya. Dalam pembuatan batako di usahan campuran dibuat sepadat mungki. Hal ini memungkinkan untuk menjadikan bahan semakin mengikat keras dengan adanya kepadatan yang lebih, serta untuk membantu merekatnya bahan pembuat batako dengan semen yang dibantu air.

CV. JAYAWAN
TELP/FAX 021-22950276
HP/Whatsa 0812 8703 0528
Email bangun_rumah@jayawan.com / dedentanuwijaya@gmail.com
Alamat Jl. Grand Nusa Indah Gandoang Rt. 03 RW 04 Kec. Cileungsi Kab.Bogor 16820
Silahkan Di Share

Pekerjaan peng urugan merupakan salah satu bagian pekerjaan yang ada dalam renovasi Bangun Rumah/gedung/tamann.

Fungsi utamanya yaitu untuk menaikan Lavel Bangunan,Saat Pekerjaan pembangunan seringkali level / Tinggi lantai rumah/gedung/taman terlalu rendah solusinya yaitu dengan melakukan Pengurugan sesuai dengan level ketinggian lantai bangunan.

Bagaimana Cara menghitungnya???

Untuk pengurugan lokasi yang akan biasanya ukuran nya menggunakan m3(meter kubik).

Salah satu contoh misalkan anda membangun rumah di atas lahan 100 m2 dan level tinggi banguna terlalu rendah 50 cm (0,5 m) jadi perhitunganya 100 m x 0,5 m = 50 m3

Jadi kebutuhan akan urugan nya sebanyak 50 m3.

Lalu bagai mana kah cara menyediakanya???

Kami memiliki armada team suplier material pengurukan dengan muatan 6,5 m3 (Truk)

jadi seandainya kebutuhan urugan nya 50 m3 jadi sebanyak 7 s/d 8 truk

Namun volume tersebut akan berkurang saat dilakukan pemadatan,jadi ukuran 7/8 truk tersebut pasti akan kurang,dan akan terjadi Penyusutan dalam urugan ini disebabkan pemadatan yang terjadi pada material urugan tersebut.banyaknya penyusutan tergantung struktur tanah yang akan diurug,Media uruganya,serta alat pemadatan yang dipakai.

Material yang Baik untuk Pengurukan

brangkal

Brangkal

Brangkal Adalah Material urugan yang terdiri dari batu sisa Cucian pasir Yang umumnya di pakai untuk pengurukan taman karena material ini baik dalam penyerapan air.

13

Sirdam (Pasir dan Makadam)

Sirdam adalah Material urugan yang terdiri Campuran Pasir dan Makadam (Pecahan Batu kali )

Jenis Pasir yang tidak terlalu baik jika digunakan untuk pembuatan dinding dan Tembok namun sangat baik jika dikuganakan sebagai material pengurukan.

Kami Menyediakan Material dan jual berbagai material urug seperti Pasir Urug,Sirdam dan Brangkal

Area Jakarta,Bogor,Depok,Tanggerang Bekasi

Hubungi kami

CV. JAYAWAN
TELP/FAX 021-22950276
HP/Whatsapp 0812 8703 0528
Email bangun_rumah@jayawan.com / dedentanuwijaya@gmail.com
Alamat Jl. Grand Nusa Indah   Gandoang Rt. 03 Rw 04 Kec.    Cileungsi Kab.Bogor 16820

 

 

Silahkan Di Share

Kamar Tidur Utama

Kamar tidur biasnya menjadi ruang favorit bagi seseorang sehingga berlama – lama di dalamnya terasa menyenangkan. Namun, karena itu pula penggunanya mudah jenuh pada suasana kamar yang itu – itu saja. Untuk itu, dapat dilakukan beberapa renovasi ringan berikut ini untuk mengubah suasana kamar.

1. Memperbaharui tampilan dinding

Salah satu cara memperbaharui tampilan dinding adalah membuat variasi warna. Gunakan warna cat yang berbeda pada salah satu bidang dinding.Bisa juga digunakan warna yang sama tetapi dengan tone yang lebih gelap. Dengan begitu, kamar akan terlihat lebih terang dan cantik dibandingkan dengan pemakaian warna yang sama pada keempat dinding. Hindari warna gelap yang mendominasi dinding agar ruang tidak terasa menyempit.
Alternatif lainnya adalah memanfaatkan pelapis dinding seperti wallpaper dan wood polymer. Material ini memang tergolong mehal karena ada biaya pemasangan yang harus di bayar. Untuk menghematnya, pelapis dinding bisa diaplikasikan pada salah satu dinding saja. Untuk memperkuat suasana ruang, sesuaikan pilihan warna wallpaper dengan tema warna kamar tidur.

dekorasi-kamar-tidur-2

2. Menyesuaikan furnitur dengan tema interior

Pemilihan furnitur sebaiknya disesuaikan dengan tema interior atau tema warna kamar tidur. Salah satunya dengan menyesuaikan tema, misalnya mengombinasikan tempat tidur etnik dengan kusen bergaya serupa untuk memperkuat suasana etnik di kamar tidu.
Menyesuaikan furnitur bukan berarti harus membeli furnitur baru. Furnitur lama bisa saja dimodifikasi agar sesuai dengan gaya interior yang diinginkan. Furnitur second hard bisa menjadi alternatif bila ingin bertema. Pilihlah tempat menjual furnitur bekas yang sudah terpecaya dan periksa dengan teliti ketika membeli, jangan sampai ada cacat atau kerusakan fatal yang bisa merugikan nantinya.

desain-kamar-tidur-utama-nyaman-dan-mempesona-2 BACA SELENGKAPNYA

Silahkan Di Share