Mengenal Pondasi

Pondasi

Pondasi beperan penting dalam menopang suatu bangunan karena pondasi merupakan komponen struktur bawah yang berfungsi untuk meneruskan gaya dan segala arah ke tanah.

Dengan demikian, pembangunannya harus dapat menjamin kestabilan bangunan terhadap berat pondasi itu sendiri, beban – beban berguna, dan gaya – gaya luar seperti tekanan angin, gempa bumi dan lain – lain. Adanya penurunan pondasi setempat atau secara merata melebihi batas tertentu akan menyebabkan rusaknya bangunan. Oleh karena itu, penggalian tanah untuk pondasi sebaiknya mencapai tanah keras. Terdapat berbagai macam pondasi diantaranya pondasi dangkal dan pondasi dalam.
Pondasi dangkal dipakai untuk bangunan bertanah keras dan bangunan – bangunan sederhana, yaitu pondasi pelat setempat (beton), dan pondasi lajur (beton), dan pondasi lajur (beton).

Pondasi dalam dipakai untuk bangunan bertanah dan bangunan bertingkat, misalnya pondasi tiang pancang (beton, besi, dan kayu),pondasi sumuran,pondasi bore pile, dan lain – lain. Untuk menghindari penurunan setempat pada pondasi maka di atas pondasi diikat dengan beton sloof yang berfungsi untuk menahan resapan atau rembesan air tanah ke dinding bangunan serta menahan bangunan sehingga tidak terjadi bersama – sama.

Baca Juga | Pengertian Jenis Harga Jual dan Kualitas Batu Split

  • Pondasi lajur Pasangan Batu Kali

pondasi ini digunakan pada bangunan sederhana di tanah asli yang cukup baik. Biasanya kedalamannya antara 60 – 80 cm dengan lebar tapak sama dengan tingginya. Kebutuhna bahan baku untuk pondasi ini adalah batu belah (batu kali atau gunung), pasir pasang, dan semen PC (semen abu – abu).

Jumlah kebutuhan bahan per 1 m3 pasangan pondasi batu kali dengan adukan (acian) 1: 3 (semen PC : pasir).

1.Batu Belah = 1,2 m3
2. Pasir = 0,324 m3
3. Semen PC = 4,32 sak

  • Pondasi Pelat Setempat

Pondasi pelat setempat biasanya digunakan untuk bangunan bertingkat atau bangunan diatas tanah lembek. Pondasi ini dipasang pada kolom atau tiang dengan kedalam hingga menyentuh tanah keras. Pembuatannya bisa dikombinasikan dengan pondasi batu atau langsung dengan sloof beton dengan dimensi tertentu. Bahan yang dibutuhkan untuk pondasi pelat adalah batu pecah (split 2/3), pasir beton, semen PC (semen abu – abu ), dan besi beton.

Fondasi 2

Cara Menghitung Kebutuhan Besi untuk Sloof pada Pondasi

Untuk menghitung kebutuhan besi dapat mengukur panjang satu lajur penampang pondasi. Apabila panjang ini tidak dihitung maka perhitungan konstuksi sebaiknya mempergunakan besi 12 mm dengan jarak dari lajur satu ke lajur lainnya antara 15 – 20 cm ke arah mendatar maupun vertikal. Untuk menghitung kebutuhan besi dalam satuan buah maka panjang satu lajur penampang pondasi dibagi 12 karena panjang besi dipasaran adalah 12 m.

Untuk kebutuhan bahan per 1 m3 pondasi beton dengan adukan 1 semen : 2 pasir : 3 split atau bila pasir dan split berkualitas baik maka bisa mencapai K175. K merupakan simbol kekuatan dari karakteristik beton, diantaranya K125,K150, K175, K225, dan seterusnya. Kebutuhan bahan untuk pondasi beton per 1 m3 adalah sebagai berikut .

1. Batu pecah atau batu split 2/3 =0,83 m3
2. Pasir Beton = 0,54 m3
3. Semen PC = 8,5 sak

Apabila ingin membangun pondasi dengan ukuran tertentu maka kebutuhan masing – masing komponen bahan bangunan dikalikan dengan faktor di atas. Sebagai contoh pondasi yang akan dibangung berukuran 100 m3 maka bahan – bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut.

1. Batu pecah = 0,83 x 100 = 83 m3
2. Pasir Beton = 0,54 x 100 = 54 m3
3. Semen Abu – abu = 8,5 x 850 = 850 sak

Fondasi bangunan salah satu channel edukasi tentang bangunan di Indonesia teman-teman Baiklah Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Pondasi pertama-tama yang kita harus pahami pondasi itu apa teman-teman Pondasi adalah bagian terbawah dari suatu struktur yang berfungsi menyalurkan beban dari struktur di atasnya lapisan tanah pendukung pondasi sendiri jenisnya ada bermacam-macam tanaman penentuan jenis pondasi biasanya dipengaruhi keadaan tanah sekitar apakah tanah itu berlumpur atau bekas Rawa apa Katana itu pada saat digali kedalaman untuk tanah kerasnya sangat dalam itu sangat berpengaruh untuk penentuan jenis pondasi nya itu sendiri teman-teman teman-teman Kita akan memulai belajar sedikit tentang pondasi kita belajar tentang pondasi rumah pondasi rumah oke pondasi rumah ini sangat penting sebelum keuntungan semua ingin membangun rumah Anda yang pertama ialah pondasi batu kau oke OK Google di mana pondasi batu kali ini kita biasanya gunakan untuk bangunan yang cuman berlantai 1 teman-teman atau tidak menikah tidak sama sekali dengan teman tanpa atap tanpa dak beton Oke dan model dari pondasi ini seperti begini tanda oke Cara pakai ini bagian ini ukurannya biasa cuma 10 cm sedangkan di atas ini teman-teman bervariasi temen-temennya ya langsung nelpon Mama katanya Intan menang rumah senilai 1 m anak percaya itu mimpi ada orang yang terinspirasi dari alam bersama kulitnya untuk menghasilkan aroma yang menggiurkan di Nutrisari untuk bantu penuhi 100% kebutuhan vitamin C juga ada vitamin lainnya 60 sampai 1 M keuntungan Oke datangnya kisarannya sesuai dengan keperluan dari bangunan anda itu sendiri teman-teman di mana yang di bawah ini ini teman-temannya itu adalah batu kosong zaman batu kosong ini cuman terdiri dari batu kali dan pasir sedangkan yang di atas ini adalah teman terdiri dari batu kali dan adukan semen di mana teman-teman untuk ukuran dari lebar pondasi itu sendiri bervariasi terutama tergantung dari kebutuhan dan analisa Sebesar apapun yang kita gunakan bantuan atau seberat apapun beban yang akan ditimpakan kepada si ini teman-teman tapi yang biasanya digunakan di lapangan remotnya di bawah ini jika sekitar 90 sampai 1 meter teman-teman G sedangkan yang di atas ini teman-teman di mana di sini bahwa 7 tanaman sesuai dengan ukuran slop dari bangunan rumah anda dengan teman di atas ini akan di Palu slop 50 berarti ukuran penampang di atas ini ukuran dari atas pondasi atau fondasi ini sekitar 55 tahun cm Oke Supaya pada saat Vlog duduk masih ada sedikit untuk dudukan slop menjadi tidak begitu pas dengan premi harus demikian sekitar 5 cm ke samping dengan temanku ini bentuk Pondasi yang sederhana tahun teman yang digunakan untuk pembuatan rumah rumah sederhana teman-teman yang tidak membutuhkan dan beton di atasnya teman-teman kita lanjut yang kedua yang kita yang kedua yaitu pondasi cakar ayam dan bahannya basah bahasa apanya ya bahasa sehari-harinya lah teman-teman Bunda cakar ayam pondasi cakar ayam ini modelnya Mari kita cek video yang lantai teman ada modelnya bosan hari-hariku ingin punya HP baru yang bisa di anak aku ya baterai gede sudah menyikat gigi gusinya masih bermasalah mau ngomong mesra jadi sayang kamu buka mulut itu bentuknya Bagaimana proses kerjanya Bagaimana ada teman-teman pondasi cakar ayam ini atau pondasi footplat dipergunakan kondisi tanah dengan daya dukung tanah antara 1,5 sampai 2 2 kg per sentimeter kuadrat sama dengan pondasi cakar ayam biasanya diterapkan di bangunan di bangunan 2 lantai bangunan 2 lantai di bangunan 2 lantai atau lebih teman-teman atau lebih oke di mana kaki-kaki beton dengan ke lebaran tertentu diposisikan di bagian-bagian struktur utama teman-teman Oke maksud dari struktur utama itu teman-teman di mana posisi cakar ayam ini posisi sekarang ini berbeda dengan posisi pondasi batu kali teman-teman kalau pun Desi pondasi batu kali posisinya di sepanjang atau di sekeliling biasanya Dimana ada sloof di situ ada pondasi batu kali dengan teman sedangkan sedangkan sedangkan pondasi cakar ayam Dimana ada kolom berdiri itupun cuman kolom utama atau teman di mana ada kolom di bawahnya ada cakar ayam itu maksudnya teman-teman di mana ada kolom atau struktur utama dari tiang bangunan itu terdapat cakar ayam teman-teman bahan dari pondasi ini yaitu beton bertulang teman-teman bahannya yaitu beton bertulang untuk model dari pondasi cakar ayam teman-teman silakan cek di video saya tahu teman ada model dari pondasi cakar ayam itu sendiri dan linknya Saya akan taruh di deskripsi video ini teman-teman luas bidang plat beton sebagai telapak kaki pondasi biasanya berbentuk bujur sangkar atau persegi panjang dan dengan telapak kaki berbentuk bujur sangkar biasanya terletak di bawah kolom bank dan yang bagian tengah Oke teman-teman terdapat di kolom bangunan bagian tengah teman-teman jadi misalnya belum turun seperti ini di sini lah pondasi cakar ayam itu teman-teman di sinilah pondasi cakar ayam itu teman-temannya oke sini kolomnya jadi di sini pondasi cakar ayam itu oke kolom bertumpu di atas pondasi cakar ayam teman-teman itu maksudnya Terus yang ketiga pondasi tiang pancang Wow pondasi tiang pancang memang salah satu fondasi yang proses kerjanya sangat ribet dan mahal biayanya sama teman kamu kenapa bisa mahal karena membutuhkan alat berat teman-teman yang lain mobil lah oke dan ada alat khusus untuk menumbuh dari tiang pancang itu sendiri tapi dan panjang juga berbagai jenis tahun teman bulat seperti ini dia bentuknya bulat turun ada juga yang kotak yang kotak biasanya kecil-kecil teman-teman tapi yang Kebanyakan digunakan ibu yang bulat-bulat turun ke bawah telepon dia kurang lebih kayak pensil ya karena di bawahnya kayak gini tuh kurang lebih kayak pensil per buah dan di atas ini biasanya kalau mau disambung ya tadi bilang mau tahu oke pondasi tiang pancang ini digunakan kontruksi pesawat biasa digunakan pada konstruksi besar seperti pembangunan mall hotel yang berlantai lantai teman-teman atau yang sangat tinggi gedung nya dengan teman tapi mungkin kalian pernah lihat apa Nih rumah kayu yang ada dia punya tiang itu salah satu contoh tiang pancang dengan teman tapi yang terbuat dari kayu tahun teman biasanya berada di rumah rumah panggung di daerah Kalimantan Sumatera di Nusa Tenggara dan rumah-rumah nelayan di tepi tepi pantai teman-teman yang dimaksudkan ini yaitu pondasi tiang pancang itu langsung Apa benar apa dibuatkan landasan begitu Jadi dia langsung memang murni langsung di tancapkan turun ke bau terus pondasi tiang pancang beton ya ini teman-teman pondasi tiang pancang beton yang kurang lebih tepatnya saya kurang bisa menggambar lebih baik lagi dari ini pondasi tiang pancang beton pondasi tiang pancang beton dipergunakan untuk bangunan bangunan tinggi
Tiang pancang itu langsung apa menancap di tanah pada apa dibuatkan landasan begitu Jadi dia langsung memang murni langsung di tancapkan turun ke dalam tanah terus pondasi tiang pancang beton ya ini teman-teman tiang pancang beton yang kurang lebih saya kurang bisa menggambar lebih baik lagi dari ini pondasi tiang pancang beton pondasi tiang pancang beton dipergunakan untuk bangunan bangunan tinggi Oke atau high building teman-teman pondasi tiang pancang beton pelaksanaannya pelaksanaannya dilakukan sebagai berikut melakukan tes tes boring untuk menentukan kedalaman tanah keras klasifikasi panjang tiang pancang teman sesuai pemeran ya yang telah diperhitungkan Oke dengan mesin pengeboran tiang pancang tambah ribet teman-teman bangun rumah pakai tiang pancang mikir-mikir melakukan pemasangan pondasi dengan mesin pondasi tiang pancang ini sebesar biayanya mungkin dapat berlanjut karena mungkin kita tidak terlalu membutuhkan tiang pancang untuk pembangunan rumah rumah biasa teman-teman teman-teman Cukup sekian penjelasan dari saya video pembuat

 

Baik kali ini saya akan membuat sebuah tutorial Bagaimana cara membuat cara menghitung pondasi batu kali di depan kita sudah ada gambar denah dan detail pondasi saya membuat contoh sederhana saja Bagaimana cara kita membuat menghitung anggaran kebutuhan untuk membuat pondasi kita menggunakan rumus sederhana dengan excel saya akan membuat formatnya sederhana saja apa volume volume volume bau adalah buat pondasi baik biar kita mengisi volumenya volumenya Bagaimana caranya yaitu kita lihat Disini pondasi batu kali itu menggunakan M3 menggunakan kartu M3 jadi kita menghitung panjangnya dulu kita hitung disini adalah 1 X 4680 berarti 648 tambah 3 m saat sunyi bangkitkan diri saat batas bangkitkan rasa terhalang berarti hilang terus kan hasrat untuk mengejar ada hari itu kembali ada inspirasi saat kembali saatnya kembali ke rumah mau komitmen kami untuk mendukung semua harapan ada di rumah terus maju bau kau ditambah ini Bos Tengah kau tambah ke sini 2 meter dari sini 4,3 ikan pakai tinggi 5 meter tambah ini 3 meter jelas Ya tapi ini masih belum satuan meter kubik kemudian langkah berikutnya adalah kita mengetahui luas trapesium ini adalah rumus luas trapesium pondasi batu kali batu kali itu adalah ya Tutup stasiun di mana kita tahu bahwa luas trapesium adalah luas lebar atas ini terbagi atas berapa 30 ditambah lebar bawah yaitu 70 ditambah 2 dibagi 2 kemudian dikali tinggi tingginya adalah 15 tambah 8 tambah 45 C ulangnya luas trapesium dalam lebarnya ditambah lebar b atau 2 tutup tinggi lebar a adalah 0,3 0,3 ditambah lebar bawah adalah 8,7 atau 2 kali tinggi saya kurang lagi kali tingginya 90, 9 luasnya adalah 0,47 ribu baru yang ini ditutup dulu kurungnya Bau sekali kan ruas-ruasnya dari 12,635 kita cek dulu dulu ya untuk harga satuan Berapa harga satuan per M3 selalu melihat analisa satuan Harus melihat analisa satuan analisa yang saya ambil dari file saya kau ini adalah pasangan pondasi batu belah saya kopi yang saya kopi yang penting nya saja ya itu koefisien dan gayanya Saya pasti disini pacarnya Ririn ini dalam efisien di mana ini adalah rebus tidak bisa tidak bisa dirubah ini adalah 1 M pasangan 1 M3 pasangan pondasi batu belah atau bukan Atau ya Aduh kan 1 semen berbanding 4 pasir adalah rumusnya demikian baik adalah yang kita masukkan harganya harganya per kubik berapa yang tentu itu beda dengan sesuai dengan namanya masih bisa yaitu 1 tahun itu satu juta 500 untuk batuk talinya yang satu bangsa itu barang lebih isinya iklan berarti saya masukkan di sini juga 500 di pagi Nah itulah yang salah satu. fokus dan kuat lensa satu sak tapi yang diminta adalah kilo 1 sak sak dibagi kilo 11 kilo kemudian ada pasal-pasal yang disakiti bisanya itu 1 jam segitu Rp700.000 dibagi 6 tambah 1 dam truk itu 6.1 plus bulatkan saja menjadi Rp120.000 pembantu tukang bisanya itu pasbar melakukan 110000 titik yang kita jumlahkan 140 dikali koefisien akan kita gunakan kita bisa melihat bahwa untuk membuat Satu kubik pondasi batu belah tuh cuma dibutuhkan uang senilai Rp500.000 hanya saja untuk upahnya upahnya yang kalau ada borongan 4 lupa dibutuhkan rp182.000 untuk hanya saja per M3 kalau kita jumlahkan adalah 683 hidup kita masukin ke harganya soalnya adalah sebuah dikali dengan volume 8 juta rp652.000 seperti itu Mari kita lihat kebutuhan bahan dulu volumenya di sini nanti kita akan melihat berapa kebutuhan semen Mama kita belinya berapa semuanya ya ini bisa dilihat dari sini ke batu belah sama dengan 12 kali koefisien semen batu belah kita butuh ,8 kubik semen kita butuh 2000 orang lebih 2000 kilo dan untuk hasil kita butuh 6,5 titik balik Kita masukin di sini 3 belas, delapan titik berarti berapa dam truk yang ditinggal ,8 dikalikan dengan 6 dan dibagi 2,3 jadi itu ndak ngerti ya silakan Anda bisa dengan kondisi yang berbeda dengan alat yang sudah kita putus 2,3 kampret mungkin duanya samtetra 0,350 Pak saja ya cukup kemudian teleponan ya tinggal 2000 dibagi 5041 sak kita beli 41 hasilnya 6,5 atau 1,1 kampret lah cukup satu hal itu cukup yang jelas-jelas bentuk-bentuk manfaat kita tahu bahwa membuat sebuah estimasi biaya ini dimaksudkan yang pertama agar kita bisa membuat CV fashion mungkin membeli bahan ya Jadi tidak ada yang lebih tidak ada yang kurang tahu juga butuh sedikit yang pertama itu yang kedua kemudian ini adalah sebagai acuan dasar untuk kita bernego dia dengan orang yang melakukan pekerjaannya mungkin ya kalau misalnya ada bolongannya supaya kita tidak ditipu kita ada pacuan yang ketiga Mungkin kita bisa membuat sebagai administrasi pelaksanaan proyek itu baik Semoga bermanfaat ya namanya itu lagi merpati Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh lagi bersama saya di channel Disini saya akan memberikan tutorial tentang cara menghitung volume galian pondasi dan dan pondasinya dan tentunya untuk pondasi itu kegunaannya yaitu untuk menopang sebuah bangunan tentunya kalau pondasinya itu besar tentunya bangunan itu juga akan lebih kuat langsung saja kita simak untuk menghitung volume galian pondasi dulu langsung saja kita simak menghitung galian pondasi itu tentunya kita harus mengetahui dulu bangunannya kalau besar bangunannya seberapa panjang bangunannya misalnya 12 m X 9 itu dia tinggal mengalikan 12 m ditambah 12 m tambah 12 tambah 12 tambah 24 tambah 9 tambah 90 tambah 18 m nah terus ditambahkan lagi 24 tambah 18 ini belum belum dikalikan lagi misalnya tinggi-tingginya pondasi itu 1 M terus lebarnya pondasi itu 70 cm jadi kalau kita mau menghitung volume galian pondasi itu tentunya kita harus tahu terlebih dahulu kita lebihkan 11 cm di bagian sini kita lebihkan 10 cm bagian sini di bagian samping samping nya jadi temennya kalau 0,7 cm ditambahkan 12 cm otomatis ketemunya 0,90 cm yang ditambah 10 tambah 10 cm jadi kita tinggal mengalikan saja itu tingginya 1 M tingginya 1 M kali kan 0,90 tambah 90 tentunya 1 dikalikan 0,92 semuanya juga 0,90 sama terus kita tinggal mengalikan saja nol 90 X 42 m tadi yang ini sekelilingnya terus ketemu nya yaitu 37, 8 meter kubik 37,8 meter kubik kalau kita mau menghitung dengan Apa kalian Pon galian pondasi kita tentunya kita tahu satuannya M3 tadi udah ketemu 37, 8 meter kubik itu galian pondasi misalnya kalau 1 meter galian pondasi itu dikasih harga Rp100.000 per cm3 nya tuh Rp100.000 misalnya galian pondasi sedalam 1 meter itu kan harganya Rp100.000 saya tinggal kita mengalihkan Rp100.000 jika 78 m b X Rp100.000 nah ini 3378 M2 dikalikan Rp100.000 kalau misalnya kita mau memborong kalian itu ya kalian itu misalnya panjangnya panjang yang panjangnya 12 X 9 itu dikalikan semuanya semuanya ini 378 M3 satuannya kubik Oke kita ke pondasinya kita menghitung pondasi tentunya kita harus tahu juga panjang pondasi dan lebar pondasi seperti ini misalnya rumah 12 kali 9 per 12 kali 9 itu 12 tambah 12 b sama dengan 2 4 dan 9 tambah 9 itu semuanya 18 Agustus 2018 ketemunya 42 m itu 42 meter panjang bangunan seluruhnya puluh dua meter Jangan ketemu 42 meter Tinggi 42 meter meter digital kali kan kita tentunya harus tahu rumus menghitung pondasi Rumus trapesium kalaupun masih terus begini Kayak misalnya gini Rumus trapesium itu misalnya 0,70 tingginya 1 M tingginya 1 M ia kan atasnya 0,30 Rumus trapesium tandanya itu atas ditambah bawah atas bawah terus tambah bawah dibagi 2 dikalikan tinggi-tinggi sekali kanthi atas hitam bawah di kalian tinggi nah terus misalnya pondasinya 0,30 terus bawahnya 0,70 X 1 m tentukan mudah ini 0,30 mana Ke sini ya 0,30 ditambah 0,70 ketemunya 1 meter 1 meter 1 meter terus kita balikan lagi terus 1 meter dibagi 2 atau 2 ketemunya 0,0 tentunya setengah meter jangan kalau udah ketemu setengah meter ya kan Terus 0,60 dikalikan ini Tingginya tingkat tingginya 1 M dikalikan 1 M itu kita kalikan 1 meter ter rumus pondasi itu adalah atas di atas di bawah dibagi 200 dikalikan tinggi ke rumah bunda situ aja begini a atas atas jalan di bawah 0,70 atau 200 dikalikan tinggi saat maag mengganggu cepat minum Mylanta bekerja cepat dan mual karena maag cepat sikat sakit maag kebalikan Nutrisari Florida orange terinspirasi dari alam bersama kulitnya yang menggiurkan untuk memenuhi 100% kebutuhan vitamin C juga ada vitamin lainnya Nutrisari Nah ini kan sudah 30 ditambah 70 sama dengan 1 meter 1 meter dibagi dua yaitu ada 0,5 tambah setengah meter dan 0050 dikalikan 1 meter 0,5 dikalikan 1 meter itu Ia tetap 0 0 50 0 50 0 50 dan 0,50 dikalikan 42 meter dikali 42 meter ini ketemunya jadinya 0,50 dikalikan 42 m berapakah kalau cara menghitung kurang lancar gak pakai kalkulator guys jadi kita menghitung yaitu cepat misalnya sebuah rumah itu kalau kita nggak bakal kulator atau nggak pake software tentunya kita akan lama untuk menghitungnya jadi nol, 50 dikali 42 itu ketemunya 21 meter 21 meter kubik gampang kan 21 M3 itu kita tinggal mengalihkan harganya kalau misalnya untuk daerah saya 1 meter kubik 1 meter kubik pondasi itu harganya adalah 150 sampai 200 per meter kubik itu harga pondasi di tempat saya jadi kita tinggal mengalikan dengan mengalikan 2121 ini ya kan 21 dikalikan harga harga kurungan burung dan pondasi gampang kan kita miliki sendiri pacarmu dengan pondasinya 150 ya kita tinggal matikan 21 M3 itu dikalikan 150atau200 saya untuk saya bergerakan itu harga pondasi harga pondasi itu adalah 150 sampai Rp200.000 per meter kubik itu harga pondasi oke sekian ya apa perang jelas mungkin kalau kurang jelas bisa Di bisa lewat Apa komen saya saya akan menghitungnya secara kalau misalnya anda ingin membangun rumah atau pengen muda Siapa itu saya siap untuk menghitung sebuah bangunan dan Soalnya kalau anda butuh saya bisa hubungi nomor berikut ini cukup itu saja yang bisa saya sampaikan untuk menghitung apa menghitung galian pondasi dan berikut pondasinya dan berikut harganya itu saja yang bisa saya sampaikan tekan saya dandung saya channel dengan cara tekan subscribe dan like dan komen jangan lupa tekan tombol loncengnya biar saya tetap update di bangunan video saya kali ini mungkin kalau untuk saya kurang jelas bisa ditanyakan di kolom comment nanti biar saya jelaskan Cukup sekian Assalamualaikum Warahmatullahi barakatuh by atasnya dibuat dua lantai itu bagaimana tahapan pekerjaannya dan bagaimana biayanya punya uang cuma 20 juta tapi pengen cocoknya panjang luas ini kita akan membahas tentang membuat cat untuk lantai 2 dengan kita akan menghitung berapa anggaran harus dikeluarkan untuk membangun sebuah rumah yang kita kita bahas setan apa sih yang perlu kita ketahui Untuk memulai yang pertama adalah atau membuat trail lantai Misalnya Anda punya rumah rumah tipe 36 ya Mau di cat dibuat dua lantai bagaimana tahapan pekerjaannya biayanya itu yang akan kita bahas hari ini yang perlu Anda persiapkan yang penting-penting banyak ya orang di sini itu yang penting jadi begitu Jadi nggak ada ventilasinya susah gitu lain sebagainya banyak yang penting ya Walaupun memang pekerjaannya nanti kalau misalnya udah jadi seperti apa ya kira-kira yang ke-2 perencanaan anggaran sesuai jangan sampai Anda punya uang cuma 20 juta tapi pengen banget panjang luas itu ini banyak yang terjadi seperti itu punya uang misalnya 20 juta kayaknya ini ini ini kita jalan uang pinjem sana sini ya tetangga saudara sebelum melakukan pekerjaan ada sebuah kasus saudara saya dia nggak ngitung perencanaan pencernaan kemudian yaitu kejadiannya begitu pinjam sana sini nanti kita bahas berapa persiapan kerja dan material-material ini kemudian Jadi dua pilihan untuk kerja ini apakah nanti sistem golongan trail atau harian an-nahl kemudian menjadi pilihan borongan atau harian nanti di video saya selanjutnya kita akan membahas enaknya seharian ya material yang digunakan itu apa yang cocok itu apa yang murah itu apa itu apa dalam dakwahnya apa harus pakai Bondek yang termurah itu penting kemudian pelaksanaan dimulai harinya Tanggal nya orang Jawa Itung itung dulu ya tunggu dulu tunggu dulu pelaksanaan Oke dalam pelaksanaan bagaimana tahapan belumnya kita bahas anggaran biaya pekerjaan pekerjaannya apa aja 1 pengamanan mainan apa ini alat-alat Bulian listrik ada yang rusak atau dan sebagainya yang penting pengamanan ya harus dipindah dulu ya ruang tidur di ruang tidur ukurannya misalnya 3 X 3 yang mau saya adalah ruangan ini yang mau saya ruangan Apa itu ada kolom sudut-sudut ini ini ada harus bongkar trail sebelum ke sini saya akan memilih pekerjaan apa saja yang nanti akan dilakukan 1 bongkaran bongkaran 3 ayam balok lantai harus kita lakukan ini kasusnya Saya tidak akan membahas pekerjaan ke atasnya dinding sayangnya hanya membahas ke sampai dengan lantai atas indikasi seperti ini saya punya ruangan 33 X 3 mau dicap Bagaimana caranya ini harus dibongkar dulu harus dibongkar ini saya suntik suntik suntik sampai ke bawah pondasi jadi ada bongkar sudutnya sampai ke pondasi bau nanti ini bongkaran untuk kasus seperti ini mungkin 1 hari keluar ya 1 hari itu kalau misalnya 2 itu udah cukup hanya tukang 120 300 ini pakai ceker ayam yang ukuran 6060 ini tolong dicatat ya karena nanti saya akan hapus ini ukurannya 60 X 60 itu yang itu kayak gimana sih ukuran 60 ini belinya di mana Bisa Anda beli langsung bisa bikin sendiri Kita Contohkan kita beli banyak di itu kan gua ke situ Beli banyak besinya diameter 12 m beratnya harganya biasanya beli beratnya itu kurang lebih 11 kilo 12 kilo 12 kilo ukuran 12 mili tinggal di kali ada 3 48 kita butuh ceker ayam 4 buah X 48 X harganya berapa Kalau ada yang Rp12.000 ditawar nego Rp10.000 ini 4 nggak ada di sini anda beli ceker ayam Pak itu sudah ya 300 ceker ayam rp480.000 kemudian upah pembesian pengecoran Itu hitungannya kalau borongan itu rp900.900 ini saya menggunakan metode cepat ya karena kalau dijabarkan analisis itu terlalu lama pakai metode pengalaman-pengalaman borongan itu harganya rp900.050 per M3 Rp50.000 itu sudah termasuk semen asin 0,6 X 0,6 X 0,2 0721 ya tinggal di kali ada 44 0,288 X 73 bisa dipahami Kalau ada yang dibawa pulang lagi untuk pacaran itu umumnya harganya rp950.000 per meter kubik per meter adalah panjang kali lebar kali tinggi ketahui panjangnya 60 cm berarti 0,6 lebarnya 60 cm dari 0,6 kali lebarnya 20 cm 0,22 dikali 4,288 dikali harga Rp50.000 cukup ya kemudian adalah 20 20 20 20 X 20 kolom nya ini pakai besi diameter 8 eh 12 ini pakai besi diameter 6 ring ya itu terdiri dari isinya ini dan dering pertama kita hitung pembesian teman-teman nanti dicatat ya nanti karena pembersihan Bagaimana cara menghitungnya 4 1 2 3 4 kali kali Tingginya berapa tingginya 4 M tinggi ruangan itu 4 meter kali 4 kali 4 kali jumlah titiknya 1234 jadi berapa 4 X 4 X 46 ini nya adalah 64 ini kita membahas yang 12 dulu ya yang 12 jam 12 4 X 44 isinya 4 tingginya m 4 ini. unitnya ketemu lah 64 m kalau di konferensi menjadi batang berapa batang belinya tinggal dibagi 12 Kenapa 1212 ini adalah panjang batang kalau kita beli di toko besi ini panjang besi 1 Batang ini 12 jadi 64 dibagi 12 per 66 batang jadi kita beli 6 batang harganya berapa Berapa harga besi 12 itu harganya rp84.000 tapi kalau kita analisis harga harga biasanya tuh besi ke tukang besi tempa kiloan Jadi kita kalau misalnya borongan itu biasanya kiloan ya Ini kita lagi itu ceritanya borongan aja deh kalau borongan taki-taki kiloan Nah kalau kiloan berarti 6 batang dikali berapa yang 1 batang per kilonya Anda harus buka Google berat besi 12 mili 10,66 ini ini Rumus ya ini Rumus rata batang B X 10,6 X 10,663, 96 kilo ketemunya harga per kilo saya tadi ceker ayam ya ini ini ketemunya hari ini kemudian besi menang berapa 6 itu berapa bersinar itu pinalti ngitungnya kan kalau ini ini ini berarti hitungnya 64 ini dibagi jarak-jaraknya ada mau berapa aja Biasanya umumnya 20 ya atau 20 X 0,2 hitungan diameter 64 dibagi 0,2 per 320 324 tang tapi ini ada 320 320 panjang ini berapa ini ini kita kita dianggap sayang 1 M supaya cepet ya X 1 berarti 320 meter dibagi batang ini 12 atau 12 sama dengan 26 batang 6, 6 berarti 27 batang 27 batang kemudian dikonversikan ke dalam kilo ini kan batang dalam kilo berapa berat besi 6 mili berat besi Google berat ukuran 62,66 X 2,66 27 dikali 2,6, 82 jumlah berapa 639 l sama dengan 1 3 5 7 8 kilo 5, 78 dikali harganya per kilo itu biasanya umumnya kalau disini Rp10.000 kalau borongan ketemulah satu juta 357 800 ini untuk kolam tolong ini untuk besinya saja ya ini untuk ke sini saja trail bagaimana untuk pengecoran nya kehapus bagaimana untuk pengecoran nya Trans ini kan ke sini saja nih caranya gampang dimensi 0,2 dikali 0,2 dikali 44 buah dikali tinggi 4 meter 0,2 X 0,2 X 4 X 0,640, 6 dikali 950 per 608000 untuk pengecoran nya ditambah 57 19 totalnya total untuk kolom 15965 begitu kita udah lihat ya bongkaran cara masukin ke sini untuk Jaya bongkaran tanya Rp300.000 ceker ayam berapa besi ditambah cor jadi ini tambah ini ya 480 tambah 23753 1965 sekarang apalagi sekarang adalah balok 1234 balok trail trail trail yang berikutnya adalah balok-balok ini ini posisinya di atas kolom yang ukurannya 3 X 3 dimensi nya seperti ini pakai dimensi 20 X 30 X 30 sama ini jika ingin saya sarankan Di tengah ini dikasih lagi balok namanya balok anak ukurannya 3 X 3 ya kasih balok-balok anak cuma balap anak ini ukurannya mungkin lebih kecil ya kita anggap kita anggap saja 20 X 30 adanya sama ini diameter 12 diameter 6 Kalau 30 berarti di tengah harus dikasih dianggap sama 12 cara kerjanya sama dengan kolom pertama pembersihan dulu bisa ditambah 3 keliling dulu ya keliling tambah 3 tambah 3 tambah 333 ini Tengah tidak lagi Tu dua tiga empat lima lima belas 15 m X 0,2 X 0,30 X 2 X 0,3 0,9 15 panjangnya 15 tinggal di kali ini nih 123456 1215 X 6 berapa m panjangnya 90 meter dibagi 12 batang ya ketemu 7,588 batang di kali 10,7 apa ini ini adalah rumus-rumus kilo karena kita akan menggeser dari Batam ke kilo berapa 8 dikali 10, 7085 kilo kemudian 690 dibagi 0,2 450 meter dibagi 12 37,5 saya anggap 8 batang di konferensi menjadi kilo 38 Konvensi menjadi kilo berarti di kali jadi berapa ya untuk 6 mili untuk 6 mili itu kena 2,66 per kilo berarti 38 batang dikali 2,6 101,68 kilo ini ditambah ini gabungkan jadi kau 85 truk 186,68 dikali tadi ongkos pembesian itu berapa Rp10.000 jadi rp1.860.800 ini untuk penelitian untuk pengecoran nya bagaimana ini 90 m 90 yang ini dikali dimensi 20 X 30 Kau Bapak kau eh bukan-bukan 90 nanti ini 15 ya kalau karena ini sudah di kali 66 batang X 1515 X 0,2 X 0,3 0,9 kubik dikali 1 kubik itu berapa tadi ngelihat 950 jadi total L800 9 855 dolar untuk klub Apa balok 855 tambah 86 wa7210n balok berapa tuh 5 jutaan 5 jutaan kemudian berikutnya apalagi berikutnya yang terakhir adalah atap beton Bagaimana cara menghitungnya yang kelima adalah beton atap beton kita menggunakan Bondek dan wiremesh Bondek dan wiremesh pemasangannya mungkin udah tahu ya di video saya sebelumnya itu sudah ada pemasangan Bondek sendiri kita menghitung kirim dulu salat dulu Bondet itu tu atau bisa di sini ukurannya Bunda gitu di Pasar 1 X 6 Ini ukuran Bondek berarti kita harus beli berapa Bunda kalau ukurannya kan ini kan 3 meter ya satu setengah satu setengah kan nggak mungkin beli satu setengah lagi kita beli 222 buah kali harga Bondek itu orang seribu tapi sejuta ini baru ya boleh lah pakai ini ukurannya 2 kali 52 meter ini 5 bolehlah
Warahmatullahi wabarakatuh Mas ketemu lagi di channel Dwi naga.com ya bagaimana kabarnya semua tentunya sehat sehat walafiat punya Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi tutorial Bagaimana cara menghitung kebutuhan material pondasi Ya seperti ini ya Jadi bagaimana sih menghitung beban pondasi itu ya sebenarnya menghitung kebutuhan pondasi itu cukuplah mudah jadi nggak terlalu sulit ya katakan saja menghitung gambar pondasi saya menggunakan versi gambar sketsa Jadi langsung saja kita untuk menginjak Bagaimana cara menghitung kebutuhan Pondasi yang perlu kita ketahui itu adalah panjang sebuah bangunan atau panjang yang mau kita pondasi a panjang seluruhnya yang mau kita pondasi ya kita menginjak perhitungan pertama yaitu kita menggunakan rumus nanti kita menggunakan rumus trapesium ya jadi harus minimal itu kita harus tahu Rumus trapesium untuk cara menghitung kebutuhan pondasi yah kalaupun itu manual ya Oke Langsung saja sudah kita ketahui Untuk saya silakan saja ini saya gambar ini menggunakan sebuah bangunan ya entah itu bangunan apa ini nggak tahu ini bangunan apa kandang ayam atau apa ini ya Yang penting ini sembah gambar salam udah segitu aja ya ini saya coba Kan saja untuk sebuah bangunan dengan ukuran 9 X 6 ya saya begini ya seperti ini ya ya jadi itu panjangnya 9 meter lebarnya 6 meter seputar ya saya kasih ukuran dulu ya seperti ini ini seperti ini seperti ini ya Jadi kita untuk menghitungnya ya jadi saya katakan saja untuk sebuah bangunan dengan panjang 9 m dan lebar 6 m yang kita ketahui apa saja kita untuk menghitungnya ya itu kita ketahui dulu untuk lebar bawah ya itu menggunakan 70 cm untuk lebar atas itu 30 cm Berarti ada koperan 20 centi 20 centi ya terus untuk tinggi untuk tingginya pondasi itu saya contohkan saja untuk 70 cm Okelah kita menghitung yang kita buka kakulator dulu ya virus pernapasan dapat mengkontaminasi permukaan benda yang sering kita sentuh pada permukaan benda virus pernapasan berpotensi aktif hingga 24 jam karena itu vitamin C Anda sebaiknya tersedia dalam tubuh hingga 24 jam Holisticare Ester C dengan twenty four hours by ability dapat tersedia dalam tubuh hingga 24 jam saat tubuh membutuhkannya vitamin C yang melalui titik r mau kirim barang antar kota pakai aja Lion parcel kirim motor murah Lion parcel diskon 50% bungkus langsung kirim istri galak kita kirim aja gimana Kayak gini ya Allah kirim aja pakai Lion parcel 50% apa aja bungkus Langsung kirim ini seperti ini ya kelihatannya Ya seperti ini yang ini saya kesel ketik oke buatin ya Jadi yang pertama yang pertama dan pertama cara menghitung pondasi itu cukuplah mudah kita menggunakan rumus trafesium Bagaimana rumus trapesium itu itu ya Rumus trapesium pokoknya ya Nah terus ini kan lebar pondasi atas yang rumusnya trapesium Itu lebar pondasi atas 0,30 ya selalu pakai nolnya kalau dibawa 10 ya 0,30 Ya terus ditambahkan lebar bawah pondasi bawah ya itu 0,707 jadi kalau di bawah 1 meter itu nol, seperti ini terus kita jumlah persegi Terbagi Dua ya Ini nah jadi ketemunya itu 0,5 terus masih kita kalikan tinggi tinggi pondasi ya cuma masih dikalikan tinggi 0,70 sebagainya ya Nah seperti ini Jadi ketemunya itu 0,35 ini belum seluruhnya ya terus masih kita kalikan kita Tambahkan lagi jumlah yang mau di Bekasi atau panjang yang mau di pondasi ya ini saya contohkan saja rumah 9 X 6 ya terus ini saya HP saya ini mendingan yang 0,35 ini terus ini 9 M atau mulai dari sini 6 meter ya seperti ini 6 meter yang lebar pondasi itu 6 m nah terus ditambah 6 m di titik otomatis 6 m ditambah Sisi c 6 m ya tambah 6 m harus ditambahkan lagi sisi B sama dengan 9 m plus ini ya De 9 m nah seperti ini berarti panjang yang mau di pondasi discount terbaik dari tanah air Indonesia karya tangan terampil anak bangsa hadirkan kelembutan di sekolahan kualitas di setiap untaian untuk menemani jalani hari untuk jadi yang terbaik everything Indonesia from Plantation citation say sudah ketemu 3 dulu m ya terus kita kalikan seperti ini yang tadi ya yang kita kalikan yang tadi menggunakan rumus trapesium tadi atas tampak bahwa begitu arti kata hati pemilihan 0,3 kali seperti ini ya Nah seperti ini jadi seluruh pondasi ini Ya dengan bangunan 6 X 9 m ya itu 10,5 M3 ya semoga cepat dipahami ya Nah terus bagaimana cara menentukan material untuk upah tenaga itunya ya terus saya mau menggunakan XL ya saya menggunakan Microsoft Excel biar jadi biar lebih mudah jadi biar mempersingkat waktu ya sebenarnya aku juga kita cuma Nanti kelamaan muka saya seperti ini jadi untuk 1 M3 pasangan batu kali yaitu dengan campuran 1 banding 5 saja ya menggunakan campuran 1 banding 5 ini juga ada untuk 1 M3 pasangan batu kali 1 banding 3 tapi saya menggunakan satu banding lima ya seperti itu ya Nah itu terus untuk tenaga yang untuk tenaga ini itu ini ini untuk tenaga yang ini untuk tenaga sini untuk material karena sudah penjumlahan ini ya roti untuk batu belah batu belah atau tidak tinggal mengalikan ini 1,1 m ya Terus berapa harga untuk satu M3 batu belah yaitu 1 190-200 ya rp192.500 ya hampir 200 ya Ini sudah saya update ya jadi seperti ini ya Jadi untuk yang tadi kiSepertita buat kalkulator saja ya kita buka kalkulator saja seperti ini untuk batu belah untuk batu belah itu itu untuk 1 meter kubik 11 meter kubik itu harganya rp195.000 ya Nah terus untuk semen Portland untuk 1 meter kubik 1 meter kubik ya itu membutuhkan semen 6 kg jadi untuk 1 kilo itu dihargai rp1.125 ya cepat bagaimana untuk mencari ini tuh 100 untuk 1000 Bulan ini sudah saya jelaskan di video-video yang sebelumnya jadi untuk pasir pasang itu menggunakan 0,544 M3 ya ini untuk 1 kubiknya pasir itu dihargain rp215.000 ya Jadi ini untuk ini apa ini untuk material ya ini untuk material ya ini untuk tenaga ya jadi itu tenaga saya contohkan saja ini untuk pekerja itu rp85.000 untuk dewasa Rp400.000 untuk kepala 21 20 mandor dan lain sebagainya Ya seperti ini cuman door tukang batu untuk bekerja seperti itu ya Jadi untuk pasir pasang ya ini 1 M3 itu membutuhkan segini terus semisal tadi ya tadi ini sudah dihitung ya Jadi untuk material tadi ya itu 10 M3 ya untuk bangunan 9 X 6 tadi ya 9610 M3 ya makasih terus bagaimana untuk menentukan harga seluruhnya kita buka apa ini ya seperti ini nah seperti ini jadi tadi kita menggunakan 1 M3 pasangan batu kali dengan ukuran 1 banding 6 ya terus kita masukkan di sini ya Oh ini sudah saya Masukan ya sudah ada Jadi tinggal ini atau berapa ya dulu ya Coba nya satu hanya 10 10,5 seperti ini seperti ini ya jadi untuk 10 M3 itu untuk biaya dan tenaga coba biaya dan material atau tenaga dan material itu menghabiskan 7 juta dua ratus dua puluh rp43.000 terus nggak pernah untuk tenaga kita jual untuk ya seperti terus in 2 200 untuk tenaga super 9.50 sarana seperti ini jadi disini untuk tenaga yang bertenaga 10 meter, 5 kubik tadi itu menghabiskan rp2.162.000 atau rp2.162.075 ya terus untuk bahan yang untuk bahan untuk bahan ya ini kita tinggal mengalikan 10,5 plus di kali ini ya kali ini ya di kali ini ya kali ini tinggal ini ya Jadi tinggal mengalikan ini untuk material ya Jadi untuk material ya untuk material ini sudah ra untuk 1 M3 nya kan 481 710 ini ya jadi kita tinggal mengalikan ini ya 80-110 seperti ini ya jadi 1 M3 itu dikalikan untuk semua ya tadi jadi seperti ini jadi 5 juta rp57.955 ya ya itu ya bukan-bukan cukup mudah dipahami Mengalikan berbiaya ini ya ini untuk material dan ini untuk tenaga untuk menggunakan pasangan batu kali 1 banding 5 ya ini ya suku budaya jadi bertenaga ya ini untuk tenaga ya tinggal mengalikan 10,5 terus dikalikan 200 in itu kena kah itu ya seperti ini 950 nah ini neraka yang ini yang ini material-material 10,5 dikalikan 481 710 seperti ini adek ini jadi untuk material untuk pasangan batu kali untuk bangunan tadi ya 6 X 9 ya itu lho saya nggak ada sekatan Jadi untuk 10 meter lebih yaitu menghabiskan material rp5.057.955 ya oke ya Jadi kalau totalnya ya Ini tadi totalnya ya cahaya untuk totalnya jadi lebih totalnya untuk tenaga tambah matrial itu 7 juta dua ratus dua puluh rp43.000 ya totalnya jadi itu tenaga ya itu tadi ya ya Jadi untuk seperti ini ya Jadi untuk panjang bangunan ini ya itu seluruhnya adalah 30 meter ya Yang nanti kalau mau ada sekatan di sini Nanti tinggal menambahkan untuk sekatan ya ya kalau di Sangatta sekarang sekarang nanti tinggal menambahkan ya Jadi kurang lebihnya menghitung pondasi itu sebenarnya cukup mudah yang jadi nggak terlalu sulit mudah-mudahan cepat dipahami ya yang penting itu rumus trapesium yaitu atas ditambah bawah dikalikan tinggi itu dikalikan panjang seluruhnya yang mau di Bunda sini ya Jadi cukup itu saja yang bisa saya sampaikan
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh lagi bersama saya di channel Disini saya akan memberikan tutorial tentang cara menghitung volume galian pondasi dan dan pondasinya dan tentunya untuk pondasi itu kegunaannya yaitu untuk menopang sebuah bangunan tentunya kalau pondasinya itu besar tentunya bangunan itu juga akan lebih kuat langsung saja kita simak untuk menghitung volume galian pondasi dulu langsung saja kita simak menghitung galian pondasi itu tentunya kita harus mengetahui dulu bangunannya seberapa besar bangunannya seberapa panjang bangunannya misalnya 12 meter X 9 itu dia tinggal mengalikan 12 m tambah 12 m tambah 12 tambah 12 tambah 24 tambah 9 tambah 9 tambah 18 m harus ditambahkan lagi 24 tambah 18 ini belum belum dikalikan lagi misalnya tinggi-tingginya pondasi itu 1 M terus lebarnya pondasi itu 70 cm jadi kalau kita mau menghitung volume galian pondasi itu tentunya kita harus tahu terlebih dahulu kita lebihkan 11 cm di bagian sini kita lebihkan 10 cm Bagian samping sampingnya jadi temennya kalau 0,7 cm ditambahkan 2 cm otomatis ketemunya 0,90 cm dan ditambah 10 tambah 10 cm jadi kita tinggal mengalikan saja itu tingginya 1 M tingginya 1 M kali kan 0,90 tambah 90 tentunya 1 dikalikan 0,92 kemudian juga 0,90 sama terus kita tinggal mengetikkan saja nol 90 kali 42 m tadi yang ini sekelilingnya terus ketemu nya yaitu 37, 8 meter kubik 37,8 meter kubik kalau kita mau menghitung dengan Apa kalian galian pondasi kita tentunya kita tahu satuannya meter kubik itu begini tadi udah ketemu 37, 8 meter kubik itu galian pondasi misalnya kalau 1 meter galian pondasi itu dikasih harga Rp100.000 per 1 M3 nya Rp100.000 misalnya kalian pondasi sedalam 1 meter itu kan harganya Rp100.000 saya tinggal kita mengalihkan Rp100.000 378 M3 X 100000 nah ini 3378 M2 dikalikan Rp100.000 kalau misalnya kita mau memborong kalian itu ya memborong kalian itu misalnya panjangnya panjang yang panjangnya 12 X 9 itu dikalikan semuanya semuanya ini 378 M3 satuannya kubik Oke kita ke pondasinya Kita menghitung pondasi tentunya kita harus tahu juga panjang pondasi dan lebar pondasi nah ini misalnya rumah 12 X 19 X 9 itu 12 tambah 12 B sama dengan 24 dan 9 tambah 9 itu semuanya 18 Agustus 2018 ketemunya 42 meter itu 42 meter panjang bangunan seluruhnya 42 m 42 m dan 42 m m terus kita kali kan kita tentunya harus tahu rumus menghitung pondasi Rumus trapesium kalau pondasi trapesium udah begini Kayak misalnya gini ini Rumus trapesium itu misalnya 0,70 tingginya 1 M tingginya 1 M ia kan atasnya 0, 30 Rumus trapesium tentunya itu atas ditambah bawah atas bawah terus atas ditambah bawah dibagi 2 dikalikan tinggi-tinggi dikalikan di atas hitam bawah di kalian tinggi terus misalnya pondasinya 0,30 bawahnya 0,70 X 1 m akan mudah ini 0,30 mana Ke sini ya 0,30 ditambah 0,70 ini kan ketemunya 1 meter 1 meter 1 meter terus kita balikan lagi terus 1 meter dibagi 2 atau 2 Nah itu ketemunya 0, 50 tentunya setengah meter jangan kalau udah ketemu setengah meter ya kan Terus 0,50 dikalikan sini tinggi tinggalkan tingginya 1 M dikalikan 1 M ini itu kita kalikan 1 meter ter Bangla rumus pondasi itu adalah atas di atas di bawah dibagi 200 dikalikan tinggi termasuk cabang ini a atas atas jalan di bawah 0,70 dibagi 200 dikalikan tinggi maupun eh salah salah Nah ini kan sudah berapa 30 ditambah 70 sama dengan 1 meter 1 meter dibagi dua yaitu ada 50 setengah meter dan 00, 50 dikalikan 1 meter 0,5 dikalikan 1 meter itu Ia tetap 0 tambah 50 0 50 0, 50, 50 dikali 42 meter dikali 42 meter ini ketemunya jadinya 0,50 dikalikan 42 m berapakah kalau penghitungannya kurang lancar gak bisa pakai kalkulator guys jadi kita menghitungnya itu cepat misalnya sebuah rumah itu kami Kenapa kalkulator atau nggak pakai software tentunya kita akan lama untuk menghitungnya jadi nol, 50 dikali 42 itu ketemunya 21 meter 21 meter kubik gampang kan 21 M3 21 M3 itu kita tinggal mengalihkan harganya kalau misalnya untuk daerah saya 1 meter kubik 1 meter kubik pondasi itu harganya adalah 150 sampai 200 per M3 itu harga pondasi di tempat saya jadi kita tinggal mengalikan dengan mengalikan 21 21 ini akan 21 dikalikan harga harga kurungan burung dan pondasi gampang kan kita mengirim sendiri baca buku dengan pondasinya 150 yang kita tinggali kan 21 M3 itu dikalikan 150atau200 saya untuk saya bergerak lagu harga pondasi harga pondasi itu adalah 150 sampai Rp200.000 per meter kubik itu harga pondasi Cukup sekian ya apa kurang jelas mungkin kalau kurang jelas bisa Di bisa lewat Apa komen saya saya akan menghitungnya secara kalau misalnya anda ingin membangun rumah atau pengen muda Siapa itu saya siap untuk menghitung sebuah bangunan Sampaikan untuk menghitung apa menghitung galian pondasi dan berikut pondasinya dan berikut harganya

Artikel Lainya

Pasang Baja Ringan

Atap Metal Berpasir

Jual Pasir

Jasa Bangun Rumah

Pemasangan Plafon & Partisi Gypsum

5/5 (6)

Kualitas Konten

Silahkan Di Share

Tinggalkan komentar

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.