Mengenal Tipe Jendela & Pintu

 

1. Ragam tipe jendela

Fixed window atau jendela mati biasanya tidak dapat digerakan. Jendela tipe ini hanya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan visual dan cahaya dari penghuni rumah. Jendela tipe ini sangat ideal untuk diberikan teralis karena biasanya permainan bayangan dari teralis akan mempercantik ruang.

  • Pivot window ( jendela jungkit )

    Mengenal Tipe Jendela jendela jungkit
    Mengenal Tipe Jendela jendela jungkit

Pivot window atau jendela jungkit memiliki engsel di bagian tengah ambang atas dan bawah jendela sehingga dapat digerakan memutar. Oleh karena itu trails, teralis jendela tipe ini karena gerak jendela akan terhalangi.

  • Slide window( Jendela geser )

    Jendela geser
    Jendela geser

Slide window atau jendela geser dapat digerakan ke kiri atau ke kanan. Dengan begitu, jendela tipe ini juga sering diaplikasikan pada hunian bergaya minimalis.

  • Casement window ( jendela berengsel )

    jendela berengsel
    jendela berengsel

Casement window atau jendela berengsel merupakan salah satu jenis jendela yang populer dan sering digunakan. Jendela tipe ini praktis dan berfungsi untuk menunjang kebutuhan udara, cahaya, dan visual. Teralis dapat diaplikasikan pada jendela tipe ini.

  • Louvre

    jendela kaca nako
    jendela kaca nako

Louvre lebih dikenal dengan nama jendela kaca nako. Gerakan kaca nako mirip dengan gerakan tuas. Oleh karena itu, teralis kurang cocok diaplikasikan pada jendela tipe ini.

  1. Ragam Tipe Pintu

Berdasarkan cara kerjanya, pintu dikelompokan menjadi pintu swing ( pintu yang berengsel ), pintu geser, pintu lipat dan revolving door ( pintu putar ). Sementara tipe pintu berdasarkan jumlah daun pintu dibagi menjadi single door dan double door.

Single door (satu daun pintu) biasanya digunakan pada hunian ataupun bangunan yang tingkat privasinya lebih tinggi dan tidak terlalu sering dilalui banyak orang. Double door (dua daun pintu) pada hunian sering dijadikan sebagai pintu utama dan menciptakan suasana ‘welcoming’.

Ada beberapa pintu yang tidak dapat diaplikasikan teralis sebagai berikut.

  • Pintu swing

    pintu swing
    pintu swing

Pintu swing ada yang berdaun pintu utuh dan tidak utuh menyerupai pintu koboi.Pintu swing tidak tepat diaplikasikan teralis. Sifat pegas dari engsel pintu menyebabkan konsturksi teralis dan pintu menjadi tidak kuat karena banyak efek gerakan pegas pada sisi samping pintu. Hal ini membuat aplikasi teralis menjadi cepat rusak.

  • Pintu berpanel full kayu.

    pintu berpanel full kayu
    pintu berpanel full kayu

Jenis pintu ini tidak memerlukan teralis karena kayu sudah berfungsi sebagai penahan visual dan pengaman. Namun, untuk meningkatkan pengamanan, pintu dapat ditambahkan teralis yang juga sebagai dekorasi.

  • Pintu dengan kombinasi kaca berukuran kecil.

    Pintu dengan kombinasi kaca
    Pintu dengan kombinasi kaca

Pengaplikasikan teralis untuk keamanan menjadi tidak efektif, tetapi boleh saja diaplikasikan untuk keperluan estetika.

  • Pintu dengan kombinasi kaca frosed/ tekstur.

    pintu kombinasi frosted
    pintu kombinasi frosted

Pintu jenis ini biasanya memang didesain untuk menampilkan dekorasi pada bidang kacanya. Agar dekorasi pada kacanya tidak terganggu maka desain teralis dapat disesuaikan sehingga dihasilkan paduan dekorasi yang unik.^_^

 

 

CV. JAYAWAN
TELP/FAX: 0812 8703 0528
HP/Whatsapp: 0812 8703 0528
Email: bangun_rumah@jayawan.com / dedentanuwijaya@gmail.com
Alamat: Jl. Grand Nusa Indah Gandoang Rt. 03 Rw 04 Kec. Cileungsi Kab.Bogor 16820

Artikel Lainya

Pasang Baja Ringan

Atap Metal Berpasir

Jual Pasir

Jasa Bangun Rumah

Pemasangan Plafon & Partisi Gypsum

Kualitas Konten

Silahkan Di Share

Satu pemikiran pada “Mengenal Tipe Jendela & Pintu”

Tinggalkan komentar

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.